DBS Indonesia kampanyekan pentingnya kredit karbon untuk perangi perubahan iklim global

- 2 Juni 2023 - 08:25

digitalbank.id – DBS Bank Ltd (Bank DBS) menyelengarakan sesi berbagi pengetahuan (knowledge sharing session) terkait kredit karbon dan perkembangannya kepada para pemangku kepentingan pemerintah Republik Indonesia, termasuk Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

DBS Indonesia berpandangan, pentingnya mengkampanyekan kredit karbon untuk perangi perubahan iklim global.

Head of Treasury & Markets PT Bank DBS Indonesia Puneet Punj mengatakan, topik ‘keberlanjutan’ merupakan tanggung jawab bersama dan dalam beberapa tahun terakhir DBS Indonesia melihat kenaikan minat dan inisiatif dari banyak negara untuk mengembangkan pasar karbon kredit mereka.

“DBS Group dan Bank DBS Indonesia telah membantu dan mendukung banyak institusi di tingkat regional untuk mencapai tujuan keberlanjutannya dengan praktik dan solusi yang terbaik,” ujarnya di Jakarta, pekan ini.

Menurut dia, dipimpin oleh tim ahli pasar perdagangan karbon di Treasury & Markets (T&M) dan Institutional Banking Group (IBG) dari Bank DBS Indonesia, Singapura, dan Inggris, sesi tersebut membahas tentang prinsip dasar kredit karbon, serta tantangan dan peluang dalam mengembangkan pasar perdagangan karbon di Indonesia.

“Sebagai bank yang didorong oleh tujuan positif (purpose-driven), Bank DBS Indonesia secara aktif melibatkan diri dan memberikan advokasi kepada institusi dan perusahan yang ingin melakukan transisi bisnis ke arah yang lebih berkelanjutan,” ujarnya.

Unit bisnis IBG bersama T&M Bank DBS Indonesia, kata dia, mampu menyediakan solusi yang sesuai dan juga inovatif dalam hal risiko manajemen, keuangan, investasi, dan berbasis environmental, social, and governance (ESG).

Lebih lanjut dia menjelaskan, upaya perubahan iklim (atau disebut aksi iklim) akan menentukan apakah komunitas global dapat mencapai target jangka panjang Paris Agreement dan bisa membatasi kenaikan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) global secepat mungkin, serta menguranginya dengan cepat sesuai dengan ketersediaan sains dan teknologi saat ini.

Paris Agreement mensyaratkan setiap negara untuk menyusun strategi dan mengomunikasikan aksi iklimnya pasca 2020 atau disebut sebagai Nationally Determined Contributions (NDC). NDC ini memuat upaya dari setiap negara untuk mengurangi emisi nasional dan beradaptasi dengan efek perubahan iklim.

Sedangkan dari laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diketahui kredit karbon merupakan salah satu implementasi kunci dalam mewujudkan NDC. Secara global, minat terhadap pasar karbon semakin meningkat–83 persen dari NDC menyatakan rencana untuk menggunakan mekanisme pasar internasional sebagai upaya mengurangi emisi gas rumah kaca.

Pendekatan keberlanjutan Bank DBS didasari oleh tiga pilar, yaitu 1) Responsible Banking, 2) Responsible Business Practice, dan 3) Impact Beyond Banking.

Pada tahun 2020, DBS Indonesia meluncurkan Kerangka Kerja dan Taksonomi Transisi Keuangan Berkelanjutan pertama di dunia. Selain itu, bank juga merilis rangkaian laporan dan panduan, termasuk Path to Net Zero yang mengindikasikan sembilan sektor dekarbonisasi. ■

Comments are closed.