Gelombang dedolarisasi terus meluas, Indonesia telah mengikat kerjasama dengan negara ini…

- 9 Mei 2023 - 18:39

digitalbank.id – GELOMBANG pengurangan penggunaan dolar Amerika Serikat atau dedolarisasi terus berkembang luas. Berbagai negara mulai melakukannya, termasuk Bank Indonesia (BI) dan negara-negara di kawasan. 

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan bahwa penggunaan dolar AS yang mendominasi transaksi perdagangan dunia terus mencatatkan penurunan. Hal ini tercermin dari data Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) yang menyebutkan penggunaan dolar AS dalam transaksi perdagangan yang tadinya dengan porsi mencapai 70 persen di dunia, tercatat turun dan saat ini mendekati 50 persen.

Perry pun menyatakan bahwa BI akan mempercepat dan memperluas kerja sama dengan negara lainnya untuk mengurangi penggunaan dolar AS. “BI selalu sampaikan bahwa BI terus mempercepat dan memperluas kerja sama penggunaan local currency transaction [LCT],” katanya dalam Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Senin (8/5/2023).

Pasalnya, aksi untuk mengurangi penggunaan dolar AS akan semakin mendorong stabilitas nilai tukar mata uang, termasuk bagi rupiah. Transaksi menggunakan mata uang lokal dalam transaksi perdagangan dan investasi juga mendorong efisiensi dan biaya yang lebih murah.

“Tentu biaya transaksi lebih murah dan risiko nilai tukar juga lebih rendah, yang dulunya harus dikonversikan ke dolar AS, dolar AS ke local currency, sekarang tidak melalui dolar lagi. Itu yang terus dilakukan dan ini juga dilakukan ke berbagai negara,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, BI telah menjalin kerja sama penggunaan mata uang lokal dalam bertransaksi dengan Thailand, Malaysia, Jepang, Filipina, dan China. Terbaru, BI menggandeng Korea Selatan untuk kerja sama tersebut dengan Korea Selatan. Selanjutnya, BI akan memperluas kerja sama penggunaan mata uang lokal atau local currency transaction (LCT) dengan India dan Arab Saudi.

Berikut adalah penjelasan lebih detail kerja sama LCT Indonesia dan berbagai negara  Daftar Negara yang Mulai Dedolarisasi Bareng Bank Indonesia

1. RI-Thailand. Kerja sama LCT antara Bank Indonesia dengan Bank of Thailand (BOT) telah diimplementasikan sejak awal 2018 untuk transaksi perdagangan.

Pada akhir 2020, kerja sama ini diperluas untuk penyelesaian transaksi investasi. Selanjutnya, pada Agustus 2022, BI memperluas kerja sama tersebut melalui implementasi kerja sama pembayaran berbasis QR Code lintas negara (cross-border QR payment linkage). Dengan terimplementasinya inisiatif tersebut, masyarakat di Indonesia dan Thailand dapat menggunakan alat pembayaran berbasis QR Code di masing-masing negara.

2. RI-Malaysia. Kerja sama LCT BI dan Bank Negara Malaysia (BNM) menggunakan Rupiah-Ringgit juga telah diimplementasikan sejak 2018. Kerja sama yang awalnya hanya dalam lingkup penyelesaian transaksi perdagangan, diperluas hingga mencakup penyelesaian transaksi investasi langsung. Sementara kerja sama di bidang sistem pembayaran, khususnya implementasi interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Malaysia menggunakan QR Code, baru saja diresmikan pada Senin (8/5/2023). Dengan demikian, masyarakat Indonesia dan Malaysia dapat melakukan pembayaran ritel di kedua negara hanya dengan memindai QRIS atau DuitNow QR Code.

3. RI-Jepang. Kerja sama LCT BI dan Kementerian Keuangan Jepang (JMOF) dimulai sejak Agustus 2020 yang kemudian kembali diperkuat pada Agustus 2021.  Penguatan kerangka kerja sama yang berlaku efektif 5 Agustus 2021 tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendorong perdagangan dan investasi serta memperkuat stabilitas makroekonomi dengan mendorong penggunaan mata uang lokal yang lebih luas. Penguatan kerangka kerja sama ini sejalan dengan Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh BI dan JMOF pada tanggal 5 Desember 2019. 

4. RI-China BI dan People’s Bank of China (PBC) resmi mengimplementasikan kerja sama penyelesaian transaksi bilateral dengan mata uang lokal pada September 2021. Kerangka kerja sama ini disusun berdasarkan Nota Kesepahaman yang telah disepakati dan ditandatangani oleh BI Gubernur PBC pada 30 September 2020.

5. RI-Singapura BI dan Monetary Authority of Singapore (MAS) sepakat untuk memperkuat dan meningkatkan kerja sama konektivitas pembayaran, khususnya dalam lingkup kawasan Asean. Kerja sama tersebut dituangkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama Konektivitas Pembayaran Kawasan pada 14 November 2022 di Bali, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di bawah Presidensi Indonesia.

6. RI-Singapura Kesepakatan kerja sama BI dan Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) untuk memperkuat konektivitas pembayaran di kawasan Asean juga dilakukan bersamaan dengan negara Asean-5 lainnya pada akhir 2022, yang merupakan rangkaian dari KTT G20. Implementasi kerja sama konektivitas pembayaran kawasan ini akan mendukung dan memfasilitasi perdagangan, investasi, pendalaman pasar keuangan, remitansi, pariwisata, dan aktivitas ekonomi lintas batas lainnya. Inisiasi kerja sama ini diharapkan dapat mendukung UMKM terutama untuk mendorong penetrasi dan eksposur UMKM di pasar global. Kerja sama konektivitas pembayaran kawasan meliputi beberapa skema konektivitas sistem pembayaran, termasuk QR code dan fast payment.

7. RI-Korea Selatan Pada 2 Mei 2023, BI dan Bank of Korea menyepakati kerja sama untuk mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral. Kesepakatan ini akan mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, seperti transaksi berjalan, investasi langsung, dan transaksi ekonomi dan keuangan lainnya yang akan disepakati kedua otoritas. Dengan kerja sama ini, pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk mengurangi biaya transaksi dan eksposur terhadap risiko nilai tukar dalam melakukan transaksi bilateral kedua negara. ■

Comments are closed.