Selama lebaran transaksi keuangan digital meningkat tajam!

- 27 April 2023 - 20:56

digitalbank.id – MOMEN Lebaran tahun ini, transaksi keuangan digital di sejumlah perbankan mengalami peningkatan yang sangat pesat, terutama terjadi pada transaksi transfer online untuk keperluan zakat hingga mengirimkan tunjangan hari raya (THR).

Salah satu bank plat merah yakni PT Bank Mandiri (persero) Tbk (BMRI) memperkirakan pertumbuhan transaksi Livin by Mandiri mencapai 20% dibandingkan dengan periode sebelum Idul Fitri. 

Peningkatan ini disebut SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri, Thomas Wahyudi seiring dengan semakin normalnya aktivitas perekonomian selama Idul Fitri, adanya THR, mudik, promo selama Ramadan dan Idul Fitri, dan sebagainya.

“Transaksi yang paling banyak di gunakan nasabah di Livin by Mandiri yakni layanan transfer kemudian dilanjutkan dengan layanan top up dan purchases, seperti top up pulsa, e-wallet dan juga payment di beberapa market place yang pembayarannya sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri,” ujar Thomas.

Di sisi lain, meningkatnya transaksi layanan transfer ini juga berasal dari layanan transfer BI Fast di mana Bank Mandiri menjadi pioneer layanan transfer antar bank berbayar Rp2.500 yang digagas oleh Bank Indonesia.

Sedangkan peningkatan transaksi top up dan purchase didukung oleh hadirnya fitur baru yakni Smart Top Up Gopay dan juga berbagai promo yang diberikan dari Bank Mandiri. 

Thomas mengungkapkan, perseroan akan fokus pada transaksi digital. Menurutnya, semenjak pandemic covid -19-masyarakat semakin beralih ke transaksi digital, yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan di Bank Mandiri, terlihat bahwa transaksi digital melalui Livin by Mandiri telah melampaui transaksi ATM semenjak dua tahun lalu. 

Tren transaksi digital di tahun 2023 juga diproyeksikan akan semakin meningkat dan perkiraan pencapaian transaksi Livin’ By Mandiri di tahun 2023 meningkat sekitar 40%. Untuk mencapai target tersebut, Bank Mandiri akan memberikan program untuk nasabah lebih menarik lagi di 2023, dan juga penambahan fitur Livin by Mandiri yg semakin lengkap dan semakin memudahkan nasabah dalam transaksi perbankan.  

Comments are closed.