LPEI dan UOB kerja sama manfaatkan National Export Dashboard untuk dorong ekspor UKM

- 4 April 2023 - 06:40

digitalbank.id – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank menjalin kerja sama dengan PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) dalam program pengembangan UKM.

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso dalam keterangan resminya (3/4) mengatakan kerja sama ini akan memanfaatkan system database LPEI yang diberi nama National Export Dashboard (NED).

“Diharapkan kerja sama LPEI dan UOB dapat lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan ekspor para pelaku UKM yang meliputi pelatihan, marketing hand holding, serta program capacity building lainnya,” ujarnya.

Menurut dia, UOB Indonesia telah menjadi mitra aktif LPEI sejak tahun 2014. Selain akan melakukan kerjasama dalam program pengembangan ekspor UKM, UOB Indonesia juga akan melakukan sejumlah kerjasama lain dengan LPEI seperti co-financing, cash management, counter guarantee dan Trade Credit Insurance (TCI) untuk segmen UKM, Commercial dan Corporate Banking.

“Sebagai lembaga penjamin yang memiliki Sovereign Guarantee, LPEI juga akan menyediakan fasilitas Penjaminan atas pinjaman modal kerja yang disalurkan UOB Indonesia kepada pelaku usaha korporasi padat karya,” demikian Riyani.

Pada kesempatan tersebut UOB Indonesia mengunjungi rumah ekspor LPEI Jakarta yang berlokasi di lantai 1 Gedung Prosperity di Kawasan SCBD yang turut dihadiri Presiden Direktur UOB Indonesia Hendra Gunawan, Direktur Wholesale Banking UOB Indonesia Harapman Kasan, serta Head of Financial Institution and Structured Finance UOB Indonesia Jenny Lesmana. ■

Foto: Ilustrasi/Universal Cargo

Comments are closed.