ASEAN sepakat kurangi ketergantungan terhadap dollar AS, ini alasannya…

- 1 April 2023 - 22:06
RAPAT Koordinasi (Rakor) Tingkat Tinggi Akselerasi Sertifikasi Halal dan Penguatan Ekosistem Global Halal Hub pada Rabu (5/10/2022) menginisiasi sejumlah program strategis dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pusat produk dan destinasi halal.

digitalbank.id – SEBUAH keputusan penting telah disepakati oleh para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN untuk mendorong penggunaan mata uang lokal dalam melakukan transaksi perdagangan dan investasi di kawasan serta mengurangi eksposur dolar AS. 

Pernyataan ini disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi pers 1st ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) di Bali, Jumat (31/3/2023).  “Asean sepakat untuk tegaskan kembali ketahanan antara lain dengan penggunaan mata uang lokal untuk mendukung perdagangan dan investasi lintas batas di kawasan Asean,” katanya. 

Perry menjelaskan diversifikasi mata uang merupakan inisiatif yang penting di kawasan karena dapat mengurangi risiko finansial, mengingat negara-negara memliki ketergantungan yang tinggi terhadap mata uang utama dunia. 

Comments are closed.