BRI Research Institute: Inklusi keuangan naik mencapai 93,1 persen

- 27 Maret 2023 - 21:10
Bank BRI terus melanjutkan capaiannya sebagai bank penyalur KUR terbesar di Indonesia.   KUR yang telah disalurkan mencapai Rp66,99 triliun kepada 1,8 juta nasabah dalam tiga bulan pertama di tahun 2022. Penyaluran ini setara dengan 25,77% dari total plafond KUR yang diberikan oleh pemerintah .

digitalbank.id – BRI Research Institute, Lembaga Riset milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) mencatatkan sektor usaha industri memiliki akses keuangan tertinggi dibandingkan dengan sejumlah sektor usaha lainnya. Dalam riset tersebut, inklusi keuangan pada sektor industri mencapai 93,1 persen.

Angka tersebut bahkan mengalahkan persentase inklusi keuangan pada sektor usaha perdagangan tercatat sebesar 88,8 persen. Sementara itu, inklusi keuangan pada sektor usaha jasa sebesar 87,7 persen. Kemudian, sektor usaha pertanian dan pertambangan menjadi yang paling rendah memiliki inklusi keuangan sebesar 77,9 persen. “Dilihat menurut sektor usaha, responden yang berusaha atau bekerja di sektor industri, perdagangan dan jasa memiliki inklusi keuangan tertinggi dibandingkan dengan sektor pertanian dan pertambangan,” tulis BRI dalam surveinya dikutip Senin (27/3/2023).

Menyusul hal tersebut, karyawan dinilai memiliki inklusi keuangan tertinggi dibandingkan dengan sejumlah jenis pekerjaan lainnya. Secara lebih rinci, sebesar 95 persen karyawan memiliki akses untuk menggunakan sejumlah produk dan layanan keuangan dengan 89,3 persen kepemilikan akun.

Comments are closed.