Hijra Bank kolaborasi dengan IDEAL, fasilitasi kepemilikan rumah lewat HijraHome

- 21 Maret 2023 - 16:21

digitalbank.id – Satu pekan jelang Bulan Ramadhan 1444 H, Hijra Bank sebagai platform digital perbankan berprinsip syariah menjalin kemitraan dengan IDEAL, platform one stop solution untuk kebutuhan KPR yang membantu calon pembeli dalam proses kepemilikan rumah.

Kerja sama ini sekaligus mengawali debut perdana produk unggulan Hijra Bank, yaitu HijraHome. HijraHome menawarkan pembiayaan perumahan digital yang akan secara masif diluncurkan kepada publik dalam waktu dekat.

Kehadiran produk HijraHome dan kerja sama dengan IDEAL merupakan respon atas tingginya produk pembiayaan perumahan secara syariah yang tercermin dari Data Statistik Perbankan Indonesia (SPI) OJK tahun 2022.

Data tersebut menunjukkan, total pembiayaan untuk pemilikan rumah tinggal masih sangat besar, mencapai Rp 114 triliun. Nominal tersebut memiliki porsi 16% dari total KPR di Indonesia per Desember 2022.

Direktur Utama Hijra Bank, Tri Israharjo Santoso mengatakan, melalui produk HijraHome, Hijra Bank menawarkan produk pembiayaan perumahan syariah secara digital yang memanjakan nasabah dengan keunggulan diantaranya angsuran tetap hingga lunas, bebas biaya provisi, administrasi, dan biaya asuransi, serta tidak dikenakan denda keterlambatan

“Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan angsuran yang floating karena lonjakan inflasi,” tutur Tri melalui siara pers yang dikutip Selasa (21/3).

Baik IDEAL, maupun Hijra Bank (ALAMI Group) merupakan portofolio perusahaan AC Ventures, perusahaan modal ventura terkemuka di kawasan Asia Tenggara yang fokus berinvestasi pada perusahaan teknologi tahap awal (early-stage).

Kolaborasi yang terjalin di antara kedua perusahaan teknologi ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak lagi opsi sumber pembiayaan kepemilikan rumah syariah bagi jutaan masyarakat di Indonesia.

Ke depan, para calon pembeli rumah, baik itu primary ataupun secondary, bisa mengajukan pembiayaan kredit berbasis syariah. Maupun mereka yang saat ini sudah memiliki KPR dan ingin pindah ke produk KPR syariah, akan bisa dilakukan atas hasil kerjasama antara kedua perusahaan ini.

Direktur Utama IDEAL, Albert Raharja Surjaudaja mengatakan, kolaborasi antara IDEAL dan Hijra ini merupakan sebuah komitmen untuk menyediakan ekosistem KPR yang inklusif kepada semua pengguna kami.

“Pada akhirnya kerjasama ini akan semakin membantu pengguna kami untuk mendapatkan rumah impiannya dengan tetap mengikuti prinsip syariah,” katanya.

Rumah layak huni menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat. Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) BPS tahun 2020 menunjukkan kebutuhan hunian/perumahan masyarakat Indonesia masih sangat tinggi, dengan tingkat kesenjangan antara kebutuhan rumah masyarakat terhadap jumlah rumah tersedia mencapai 12,75 juta unit.

Bembi berharap, kolaborasi antara startup IDEAL dan Hijra Bank dapat menjadi solusi konkrit guna mencukupi kebutuhan jutaan keluarga di Indonesia dalam kepemilikan hunian secara syariah. Tentunya akan lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati keunggulan layanan serta produk dari Hijra Bank maupun Startup IDEAL ini. ■

Comments are closed.