Bila terbukti tak ada indikasi fraud dan murni kesalahan bank, BTN siap ganti dana nasabah yang hilang

- 19 Maret 2023 - 22:00

digitalbank.id – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) siap mengganti dana jika nasabah yang hilang bila terbukti tidak terlibat fraud dan atau murni karena kesalahan pihak bank.

Pernyataan ini merespon video viral di media massa yang dilakukan oleh salah seorang nasabah Bank BTN. “Bahwa benar seorang wanita yang videonya viral merupakan nasabah Bank BTN,” ujar Corporate Secretary Bank BTN Achmad Chaerul di Jakarta, Minggu (19/3).

Chaerul mengatakan, nasabah dalam video tersebut baru melengkapi sebagian bukti pendukung klaim saldo rekeningnya pada awal Maret 2023. Klaim saldo yang diajukan nasabah ternyata tidak sesuai dengan pencatatan yang ada pada Bank.

Menurut Chaerul, ada kejanggalan dalam laporan pengaduan nasabah dimana saldo rekening yang diklaim berubah-ubah. Atas hal ini, pihak Bank BTN telah melaporkan permasalahan tersebut ke aparat penegak hukum.

“Saat ini BTN telah melaporkan kepada aparat penegak hukum tentang permasalahan ini guna tindak lanjut mendapatkan fakta yang sesungguhnya,” katanya.

Chaerul menegaskan, jika dalam proses hukum dapat dibuktikan bahwa nasabah tidak terlibat fraud atau tidak terdapat kelalaian nasabah, dan bank terbukti lalai atau terdapat penyalahgunaan dana nasabah oleh pegawai maka Bank akan bertanggung jawab mengganti dana Nasabah.

Bank BTN juga menghimbau kepada para nasabah untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi baik berupa identitas, buku tabungan, PIN maupun data pribadi lainnya. Hal ini wajib dilakukan untuk mencegah-hal yang bisa merugikan nasabah. ■

Comments are closed.