digitalbank.id – Global Finance dalam ajang bergengsi Foreign Exchange Awards 2023 yang dihelat baru-baru ini menobatkan Bank Mandiri sebagai Best Foreign Exchange (FX) Bank in Indonesia atas keunggulannya dalam transaksi valuta asing.
Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, pencapaian yang ketiga kalinya diraih ini menjadikan Bank Mandiri sebagai salah satu pelaku utama di pasar valuta asing Tanah Air.
“Penghargaan ini merupakan wujud konsistensi dan kerja keras Bank Mandiri dalam menyediakan layanan transaksi valuta asing yang andal, efisien, dan aman bagi nasabah. Kami merasa terhormat menerima penghargaan ini, dan hal ini menjadi momentum bagi kami untuk terus memberikan layanan valuta asing yang berkualitas tinggi bagi nasabah kami,” katanya dalam keterangannya, Kamis (23/2).
Penghargaan yang diserahkan langsung oleh President and Publisher Global Finance Joseph D. Giarraputo ini menempatkan Bank Mandiri sebagai bank terbaik dalam transaksi valas dengan counterparty dan nasabah di Indonesia. Termasuk dalam penilaian cakupan bisnis, jaringan, pelayanan terhadap nasabah, kurs yang kompetitif serta inovasi dalam teknologi.
Panji menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir Bank Mandiri memang secara aktif mengembangkan potensi bisnis melalui digitalisasi. Salah satunya lewat peluncuran Kopra by Mandiri yang mengintegrasikan seluruh layanan wholesale untuk mempermudah dan mempercepat kebutuhan transaksi nasabah wholesale, termasuk fitur e-FX dimana nasabah dapat melakukan transaksi valuta asing secara seamless.
Tak hanya untuk nasabah wholesale, Bank Mandiri juga telah meluncurkan fitur Transfer Valas pada aplikasi Livin’ by Mandiri. Dengan fitur ini, nasabah dapat secara langsung mengirimkan dana ke rekening bervaluta asing dengan lima valuta utama USD, GBP, EURO, SGD, dan AUD. Dana yang dikirim bisa diterima ke rekening tujuan kurang dari 24 jam dan bahkan dapat diterima hanya dalam hitungan detik khususnya untuk mata uang GBP, EUR, dan SGD.
“Transaksi valuta asing merupakan salah satu layanan inti yang kami sediakan untuk nasabah. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kami untuk mempermudah kebutuhan pelanggan terutama di pasar global,” kata Panji.
Hingga akhir tahun 2022 volume transaksi FX Bank Mandiri dengan Nasabah telah berhasil mencapaiAll-Time High dengan growth volume sebesar 47% (yoy).
Melalui serangkaian inovasi layanan valas, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) valas Bank Mandiri juga turut meningkat signifikan mencapai Rp 262,82 triliun atau tumbuh 52% (yoy).
“Seluruh layanan digital Bank Mandiri secara spesifik didesain untuk melengkapi kebutuhan nasabah dari hulu ke hilir. Mulai dari nasabah ritel atau perorangan hingga wholesale dan pelaku usaha,” demikian Panji. (HAN)