5 bank raksasa di Indonesia catat kinerja positif selama 2022

- 22 Februari 2023 - 20:50

digitalbank.id – BANK-bank beraset besar kompak catatkan kinerja positif sepanjang 2022. Apabila ditotal jumlah laba yang ditimbun lima bank terbesar di Indonesia dari segi aset tembus Rp154,65 triliun.

Kelima bank itu di antaranya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN). Sebagaimana diketahui, Bank Mandiri, BRI hingga BCA berhasil mencetak laba di atas Rp40 triliun hingga triwulan IV/2022. 

Kemudian, BNI juga berhasil mencetak sejarah torehan laba terbesar yang tembus Rp18,31 triliun. Sedangkan BBTN juga mencatatkan pertumbuhan torehan laba mencapai Rp3,04 triliun sepanjang 2022. Pertumbuhan pada sisi bottom line yang dialami kelima bank jumbo tersebut berbanding lurus dengan torehan kinerja dan peforma bisnis perseroan sepanjang 2022.

Research & Consulting Manager PT Infovesta Utama Nicodimus Anggi Kristiantoro menuturkan bahwa kinerja moncer tersebut masih akan terus berlanjut pada tahun ini.

Bank dengan aset jumbo tersebut diproyeksi mampu menyabet pertumbuhan industri mencapai dobel digit. Kinerja positif juga diramal akan terjadi pada penghimpunan dana pihak ketiga (DPK). “Apalagi jika bank-bank besar tersebut dipilih oleh BI menjadi bank DHE maka akan menjadi faktor poristif tambahan,” tegasnya, Rabu (22/2/2023).(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.