Bank BRI miliki agen Brilink 627 ribu sebagai ujung tombak pemasaran di seluruh Indonesia

- 5 Februari 2023 - 21:54

digitalbank.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus berperan dalam meningkatkan inklusi keuangan melalui AgenBRILink. Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkapkan BRI memiliki AgenBRILink sebanyak 627 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia hingga akhir Desember 2022 

 
“Tahun ini kita menargetkan jumlah AgenBRILink bertambah 25 ribu agen sehingga di akhir 2023 diproyeksikan menjadi tak kurang 650 ribu agen,” ujar Sunarso dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (2/2).

Dia menambahkan bahwa saat ini para AgenBRILink mampu mencatatkan transaksi finansial dengan volume mencapai Rp 1.297 triliun.

 

“Ini jadi angka yang fantastis di tengah proses akselerasi akses produk perbankan di masyarakat daerah, yang jadi fokus penetrasi BRI,” tuturnya.

Besarnya transaksi yang dilakukan secara semi konvensional ini terjadi di tengah fokus proses bisnis perusahaan menuju digital. Meskipun, masyarakat di daerah juga masih banyak yang melakukan transaksi secara konvensional lewat BRILink.

“Transaksinya enggak main-main, kecenderungannya digital memang naik, tapi lewat AgenBRILink setahun mencapai sekitar Rp 1,3 kuadriliun. Itu fakta dan realita, padahal agen BRILink adalah hybrid bank dengan bisnis proses yang digital,” jelas Sunarso.

Dia menyatakan, padahal agen BRILink adalah hybrid bank dengan bisnis proses yang digital sambil terus menyediakan layanan konvensional jadi strategi BRI. Mengingat, fokus BRI yang membidik sektor informal hingga usaha mikro melalui Holding Ultra Mikro.

Strategi ini dianggap Sunarso sebagai keberhasilan untuk meningkatkan akses masyarakat di daerah terhadap produk perbankan. Kedepannya, BRI dan BRI group bisa membuka peluang baru bagi produk lainnya selain dari tabungan.

“Dibuat fully digital nggak laku, mungkin laku di kota besar, tapi karena masih ada (di daerah) yang gak paham digital. Makanya kita layani secara konvensional, tapi kalau konvensional aja, sekian tahun ganti generasi, BRI akan ketinggalan. Maka kita kembangkan hybrid bank, kita digitalkan core-nya, ekosistemnya kita rangkai secara digital, dan digital proposition-nya kita perkuat,” bebernya.

Sebelumnya, BRI dinobatkan oleh Fortune Indonesia sebagai perusahaan yang memiliki peran Change The World dalam kategori Inklusi Keuangan. Capaian ini tak lepas dari kontribusi Branchless Banking, AgenBRILink yang mampu hadir memberikan layanan keuangan terdekat kepada masyarakat.

Penilaian dilakukan secara objektif dengan mempertimbangkan dampak sosial, hasil bisnis, inovasi, dan integrasi. Dalam daftar tersebut, BRI menjadi salah satu dari 30 perusahaan di Indonesia yang masuk dalam Fortune Indonesia Change the World tahun 2022 berkat keberadaan AgenBRILink.

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.