Pegadaian dan Bank Danamon berkolaborasi dalam pembiayaan sosial berkelanjutan

- 20 Januari 2023 - 21:51

digitalbank.id – PT Pegadaian berkolaborasi dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dalam pembiayaan sosial berkelanjutan (Sustainable Social Loan) sebesar Rp 500 milliar. Pembiayaan ini akan digelontorkan secara bertahap dengan total Rp 1 triliun.

Program ini dirancang untuk memperluas akses pemberian pinjaman pendidikan, pengembangan UMKM dan pinjaman individu untuk memulai usaha. Ini merupakan pinjaman sosial berkelanjutan pertama untuk Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) di Indonesia.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pegadaian, Ferdian Timur Satyagraha menyatakan bahwa program ini disalurkan Pegadaian melalui produk Gadai Peduli yang diberikan kepada masyarakat yang belum familiar dengan layanan perbankan (unbankable).

“Kami menyediakan instrumen keuangan dan layanan pendukung yang sesuai bagi usaha mikro, kecil dan menengah melalui produk gadai. Selain itu kami juga terus memperluas akses layanan keuangan yang setara layanan perbankan khususnya kepada masyarakat yang belum familiar dengan layanan perbankan,” ujar Ferdian melalui siaran pers, dikutip Kamis (19/1).

Menurutnya, program ini bertujuan untuk memastikan setiap orang mempunyai akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas. Program ini juga mempromosikan kebijakan orientasi pembangunan yang mendorong formalisasi dan pertumbuhan UMKM melalui perluasan akses layanan jasa keuangan.

“Hal ini juga dalam rangka meningkatkan pemberdayaan sosial ekonomi dan kesejahteraan sosial,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, Direktur Syariah dan Sustainable Finance Danamon, Herry Hykmanto menyampaikan, pihaknya mendukung Pegadaian dalam pelaksanaan program tersebut untuk mewujudkan tujuan sebagi agen inklusi keuangan pilihan rakyat.

Selain itu, ia menyebut program Gadai Peduli Pegadaian ini menjadi contoh bagi para pelaku industri dalam komitmennya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan.

“Program ini selaras dengan salah satu pilar utama komitmen ekosistem berkelanjutan Danamon yaitu pilar ekonomi, di mana Danamon secara aktif mengupayakan peningkatan kapasitas dan pengetahuan terutama dalam literasi keuangan yang menjadi dasar dalam usaha meningkatkan kualitas perekonomian individu maupun sektor usaha,” kata Herry.(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.