Perluas layanan perbankan, bank bjb jalin kemitraan dengan Pemkab Bogor

- 6 Desember 2022 - 12:05

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank Bjb) menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk penggunaan produk dan jasa layanan perbankan.

digitalbank.id – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank Bjb) menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk penggunaan produk dan jasa layanan perbankan.

Direktur Komersial & UMKM bank bjb Nancy Adistyasari mengatakan, bank bjb berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah daerah. Di antaranya melalui pengelolaan keuangan daerah dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga meningkatkan pelayanan prima kepada pemerintah dan masyarakat.

“Kerja sama yang telah terbangun antara bank bjb dan Pemkab Bogor a.l. penyimpanan uang milik pemerintah Bogor, layanan pembayaran tagihan pajak, layanan pembayaran gaji karyawan Pegawai Negeri Sipil (PNS), layanan penerimaan setoran retribusi daerah secara non tunai. Pemkab Bogor ini pelanggan utama bank bjb,” katanya, Senin (5/11).

Menurut Nancy, bank bjb akan terus memperluas kerja sama untuk memberikan pelayanan produk perbankan bagi pemerintah daerah. Kerja sama ini juga menjadi bukti, terjalinnya sinergi yang lebih luas antara bank bjb dan Pemkab Bogor.

Lebih lanjut Nancy mengatakan Kabupaten Bogor merupakan daerah potensial dan menjanjikan secara bisnis karena memiliki banyak potensi ekonomi, termasuk sektor pariwisata, juga sektor usaha ekonomi kreatif.

“Kerja sama serta kolaborasi ini akan sangat menguntungkan bagi Bank Bjb juga Pemerintah Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Kerja sama ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara bank bjb dan Pemkab Bogor mengenai digitalisasi keuangan desa. Salah satu arahannya untuk memindahkan rekening desa ke bank bjb mengingat Kabupaten Bogor merupakan salah satu pemegang saham bank bjb.

Dalam jangka panjang, kerja sama keduanya akan memberi manfaat bagi babk bjb, melalui penambahan Dana Pihak Ketiga (DPK) khususnya dan giro dan tabungan. Kemudian terdapat potensi bisnis penyaluran kredit untuk PNS Kabupaten Bogor, serta meningkatkan dan memperluas layanan transaksi e-channel maupun e-banking bank bjb.

Ada banyak potensi lain yang juga dapat dioptimalkan dalam kerjasama ini. Apalagi, di Pemkab Bogor terdapat 416 desa, 101 Puskesmas dan juga berbagai retribusi lain yang dapat meningkatkan DPK. Dengan berbagai potensi tersebut, diharapkan kerjasama akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor.

“Bank bjb merasa terhormat dan bangga dapat memberikan layanan perbankan terbaik bagi Pemkab Bogor. bank bjb berkomitmen menjadi mitra strategis pemerintah melalui layanan digital perbankan yang terbaik,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan menyampaikan bahwa, Pemkab Bogor terus mendorong transparansi dengan mengedepankan transaksi non-tunai agar akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah dapat dipertanggungjawabkan.

Disampaikan Iwan, pemerintah Kabupaten Bogor, terus berupaya menerapkan pendapatan daerah dan belanja daerah melalui transaksi non-tunai sebagai bagian dari pilar pertumbuhan dan daya saing ekonomi daerah.

“Semoga kerjasama ini terus terjalin semakin baik dan produktif, serta mendukung terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, yang menyejahterakan masyarakyat,” demikian Iwan. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.