Sinergi dengan Ikatan Apoteker Indonesia, BNC berikan edukasi literasi keuangan

- 4 Oktober 2022 - 19:00

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC/BBYB) BNC bersinergi dengan komunitas profesi berskala nasional, Ikatan Apoteker Indonesia, dalam rangkaian acara Bali Pharmacy Festival 2022 yang diselenggarakan 22-24 September di Bali.

digitalbank.id – PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC/BBYB) BNC bersinergi dengan komunitas profesi berskala nasional, Ikatan Apoteker Indonesia, dalam rangkaian acara Bali Pharmacy Festival 2022 yang diselenggarakan 22-24 September di Bali. Sinergi ini diharapkan bisa memberikan edukasi literasi keuangan, khususnya berbagai inovasi produk dan fitur layana di aplikasi Neobank.

VP of Marketing BNC Maritsen Darvita mengatakan, kehadiran BNC di Bali kali ini cukup berbeda, karena perseroan ingin memberikan literasi dan edukasi terkait keuangan kepada masyarakat, sejalan dengan arahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Sebagai lembaga keuangan yang patuh, kami fokus mendukung gerakan dan program dari pemerintah. Dalam hal ini, kami memberikan edukasi terkait pengelolaan keuangan di era digital kepada para apoteker dan praktisi kesehatan yang hadir dalam rangkaian acara Bali Pharmacy Festival 2022,” jelas Maritsen.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2019, indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia mencapai 38,03%. Namun, tingkat indeks inklusi keuangan atau akses masyarakat terhadap layanan keuangan cukup tinggi, yaitu mencapai 76,19%. Sementara itu, hasil riset terkait Financial Fitness Index (2021) menunjukkan, skor indeks kesehatan keuangan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah, hanya sebesar 37,72 dari skor maksimal 100.

Dari riset ini, area financial safety masyarakat Indonesia masih sangat rendah dengan indikator meliputi kemampuan memenuhi kebutuhan finansial keluarga, menabung secara rutin, dan memiliki dana darurat untuk menghadapi situasi mendesak. Dari sini, BNC melihat, edukasi literasi keuangan masyarakat masih harus terus dilakukan secara berkelanjutan kepada berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

Lebih lanjut Maritsen mengatakan, merangkul berbagai komunitas menjadi salah satu fokus BNC untuk memperkenalkan tentang bank digital dan layanan BNC kepada masyarakat. Dalam enam bulan terakhir, BNC aktif hadir di berbagai acara komunitas di berbagai kota, yaitu di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Denpasar dalam rangkaian beberapa kegiatan acara, yaitu FEKDI 2022, Neo Keliling #BuatSemua, Neobank Localfest, Indonesia Modifications & Lifestyle Expo (IMX) 2022, dan Neobank Community.

Adapun ragam komunitas yang ikut serta sangat beragam mulai dari para mahasiswa, komunitas lifestyle dan musik, komunitas otomotif, para praktisi dan masyarakat umum, serta para profesional seperti apoteker yang ikut serta di ajang Bali Pharmacy Festival 2022. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.