digitalbank.id – Sebagai bank digital yang baru berusia satu tahun, BCA Digital tak hanya fokus pada pengembangan bisnis, tetapi juga aktif melakukan sejumlah aktifitas financial sustainability yang diusung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 51 tentang Keuangan Berkelanjutan.
Lewat kampanye #blubuatbaik yang dimulai pada 2021 lalu misalnya, blu by BCA Digital bersama Greeneration Foundation berhasil mengurangi emisi karbon sebanyak 338 ribu metrik kilogram CO2.
“Hasil yang kita bisa lihat dari mengedukasi 262 kepala keluarga adalah mereka bisa mengelola sampah dengan lebih baik. Hasilnya, dari 284 ton sampah yang dikelola dan dipilah, 202 ton di antaranya berhasil di daur ulang dan terhindar masuk menjadi timbunan di TPA. Kami berhasil menurunkan sampah residu hingga 11% dari 36,1% di tahun 2021 menjadi 26,1% di tahun ini,” kata Head of Marketing & Communication PT Bank Digital BCA, Duardi Prihandiko.
Selain itu, BCA Digital juga menyelenggarakan program edukasi keuangan untuk para nasabah. Menamainya dengan bluAcademy, program ini hadir dari melihat banyaknya permasalahan dalam manajemen keuangan yang dialami banyak orang.
Duardi mengatakan, bluAcademy bertujuan untuk mengedukasi hal-hal mendasar dalam keuangan yang sangat relevan bagi kehidupan finansial setiap orang. “Menggandeng Finansialku, kami membuat kurikulum yang didesain khusus agar mudah dipahami. Kami telah melakukan uji coba pelatihan ini kepada segenap karyawan BCA Digital, dengan harapan tiap karyawan menjadi saksi nyata serta individu inspirasional di masyarakat dengan kualitas kehidupan keuangan yang sehat,” ujar Duardi.(SAF)