The Asian Banker nobatkan WeBank sebagai bank digital terkemuka, blu by BCA Digital terbaik di Indonesia

- 15 Juli 2022 - 07:08

WeBank of China, Ally Bank di AS, dan cabang ritel ING Group, menduduki peringkat pertama bank digital terkemuka dalam

digitalbank.id – WeBank of China, Ally Bank di AS, dan cabang ritel ING Group, menduduki peringkat pertama bank digital terkemuka dalam “Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022” yang dirilis The Asian Banker belum lama ini. Sementara Blu BCA dinobatkan sebagai bank digital terbaik di Indonesia.

WeBank of China, Ally Bank dari Amerika Serikat dan bank digital global ING menawarkan peringkat global perdana bank digital terkemuka. Bank dengan peringkat teratas menurut negara dan wilayah termasuk Nubank of Brazil untuk Amerika Selatan, TymeBank of South Africa untuk Afrika, Wise untuk Inggris, NEO by Mashreq Bank untuk Timur Tengah dan LINE BK dari Thailand untuk Asia Tenggara.

Hanya 29 dari 100 bank digital teratas secara global yang menguntungkan. Aset gabungan dari 100 bank digital teratas dunia mencapai $US2 triliun pada tahun 2021. Bersama-sama, mereka menghasilkan pendapatan kotor tahunan lebih dari $US51 miliar.

The Asian Banker meluncurkan penilaian komprehensif pertama di dunia terhadap bank-bank khusus digital global, untuk memeringkatnya berdasarkan serangkaian kriteria evaluasi yang transparan di seluruh dunia. Kelima kriteria penilaian mencakup pengalaman pelanggan, cakupan pasar/produk, profitabilitas, pertumbuhan aset dan simpanan, serta pendanaan.

Menurut The Asian Banker, tidak ada kekurangan cakupan bank digital saat ini. Namun, sebagian besar tidak memiliki definisi yang jelas dan spesifik tentang bank digital serta seperangkat kriteria yang objektif dan transparan untuk menilai dan memeringkatnya.

Sementara itu, bank digital milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yakni Bank BCA Digital yang beroperasi lewat platform Blu, menurut The Asian Banker, merupakan bank digital terbaik di Indonesia.

Blu masuk dalam Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022 yang dirilis The Asian Banker. Hanya empat bank digital Indonesia yang masuk di daftar itu. Dan Blu tampil di urutan teratas karena berhasil mengungguli tiga bank digital lainnya, setelah bertengger di urutan ke 65. Bank lain yang masuk ke daftar itu diantaranya Jenius dari Bank BTPN masuk di urutan 74, TMRW dari Bank UOB Indonesia menduduki peringkat 80, dan Line Bank dari Bank KEB Hana masuk rangking 86.

Bank BCA Digital hingga kini telah menyalurkan kredit sebesar Rp1,75 triliun. Sementara penghimpunan dananya sudah mencapai Rp4,2 triliun. Penyaluran kredit sejauh ini dilakukan BCA digital lewat channeling dan layanan kredit digital baru akan dirilis kuartal IV mendatang. Sementara jumlah nasabah bank ini per Maret 2022 sudah mencapai 650.000. (HAN)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.