Peringati Hari Kartini, BRI Group apresiasi 7.000 perempuan dalam WOMAN 2022

- 21 April 2022 - 17:47

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Group menginisiasi acara Wonderful & Magnificent (Woman) 2022 untuk mengapresiasi 7.000 perempuan dari BRI Group. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Kartini.

digitalbank.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Group menginisiasi acara Wonderful & Magnificent (Woman) 2022 untuk mengapresiasi 7.000 perempuan dari BRI Group. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Kartini.

Lebih dari 7.000 perempuan yang menghadiri Woman 2022 tersebut terdiri dari 5.000 Account Officer (AO) Mekaar dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM), 1.000 nasabah Mekaar PNM, 500 Mantri BRI, dan 500 Penaksir dari PT Pegadaian.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, perempuan merupakan sosok penting dalam setiap transformasi di seluruh perusahaan BUMN. Salah satunya, para ‘Srikandi’ BUMN ini punya peranan penting dalam mewujudkan inklusivitas keuangan di Indonesia. Erick mengatakan, pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di lingkungan BUMN diterapkan secara holistik dan saling terkait.

Baca juga: BRI kolaborasi dengan Traveloka luncurkan fitur Travel di aplikasi BRImoac

“Perempuan memiliki peran penting dalam transformasi di BUMN. Oleh karenanya, kepemimpinan perempuan di BUMN sudah melebihi 15%,” ungkap Erick, Kamis (21/4).

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, BRI selalu membuka kesempatan bagi perempuan untuk memaksimalkan potensinya untuk perusahaan dan Indonesia. Kesempatan yang setara menjadi pemicu bagi perempuan di Indonesia menorehkan kinerja terbaiknya bagi seluruh nasabah.

“BRI memberikan kesempatan yang sama kepada pekerja wanita dalam meniti karirnya. Sebagai informasi, di tahun 2021, dari 113.262 pekerja BRI sebanyak 38.942 ribu atau 34,38% merupakan wanita dan 71% adalah generasi milenial. Untuk pekerja wanita yang menduduki jabatan level manajerial di BRI sendiri tercatat 822 pekerja (manajer sampai dengan board of director) atau sekitar 23,11% dari formasi jabatan manajerial,” terang dia.

Sunarso juga menambahkan bahwa mengingat proporsi wanita yang besar dalam holding Umi ini, Wanita mengambil peranan besar dalam keberhasilan Holding UMi oleh BRI Group dalam mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia dan mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

Baca juga: Bank BRI teguhkan posisi sebagai penyalur KUR terbesar di Indonesia

Di sisi lain, BRI terus berupaya memberdayakan perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa tumbuh berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan misi BRI untuk senantiasa mendampingi pelaku UMKM supaya dapat terus naik kelas secara sistematis dan memperbesar customer base dengan mencari sumber-sumber pertumbuhan baru.

Sunarso menambahkan, pembentukan Holding Ultramikro (UMi) yang terdiri atas BRI, Pegadaian, dan PNM telah memastikan sumber pertumbuhan baru. Namun untuk memastikan keberhasilan dalam mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia dan mendorong inklusi keuangan di Indonesia, diperlukan tiga hal yakni, KPI (key performance indicators) yang harus dicapai, Strategic Initiatives atau cara mencapai KPI, dan Program Culture atau perilaku kolektif yang efektif dalam mencapai KPI.

Baca juga: BRI siapkan uang tunai Rp46,85 triliun sepanjang libur Idul Fitri 1443 H

KPI yang telah ditetapkan dalam Holding UMi diantaranya dapat melayani 5 juta nasabah baru di segmen UMi, mengimplementasikan 100% pencairan cashless di ekosistem PNM dan Pegadaian, terbentuknya 1.000 co-location Sentra Layanan Ultramikro (Senyum) dan 500 ribu referral sukses dari Senyum Mobile serta akuisisi 60 ribu ketua/anggota kelompok Mekaar menjadi Agen BRILink.

Untuk mencapai hal tersebut BRI telah menyiapkan 4 strategi utama yakni mengakslerasi co-location Senyum, memperbaiki bisnis proses di PNM dan Pegadaian, meningkatkan penggunaan aplikasi digital Senyum Mobile serta meningkatkan kapabilitas 75 ribu Mantri BRI, AO PNM, dan Penaksir Pegadaian. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.