Komisi XI DPR RI tetapkan Mahendra Siregar jadi ketua DK OJK 2022-2027

- 7 April 2022 - 17:57

Komisi XI DPR-RI telah merampungkan uji kelayakan dan kepatutan atau Fit & Proper Test calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setelah selama dua hari mendengarkan pemaparan visi dan misi para calon, wakil rakyat akhirnya memutuskan secara mufakat Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027.

digitalbank.id– Komisi XI DPR-RI telah merampungkan uji kelayakan dan kepatutan atau Fit & Proper Test calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setelah selama dua hari mendengarkan pemaparan visi dan misi para calon, wakil rakyat akhirnya memutuskan secara mufakat Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027.

“Hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Komisi XI DPR menetapkan Mahendra Siregar menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027,” ujar Ketua Komisi XI DPR Kahar Muzakir, Kamis (7/4).

Mahendra yang saat ini masih menduduki kursi Wakil Menteri Luar Negeri akan menggantikan Wimboh Santoso pada periode mendatang. Dia juga menyatakan keikutsertaannya pada pemilihan calon pimpinan OJK sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Baca juga: OJK catat tren positif pertumbuhan kredit perbankan Februari 2022

Dari beberapa sumber, disebutkan Mahendra Siregar sejak 25 Oktober 2019 resmi menjadi Wakil Menteri Luar Negeri usai dilantik Presiden Joko Widodo di istana Negara. Mahendra sebelumnya menjabat Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dia akan bekerjasama dengan Retno Marsudi yang kembali terpilih menjadi Menteri Luar Negeri.

Sebelumnya, Mahendra adalah Wakil Menteri Perdagangan (2009-2011), Wakil Menteri Keuangan (2011-2013), Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2013 sampai 2014, Wakil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Dalam bidang profesional, Mahendra menjadi Ketua dan CEO Indonesia Eximbank.

Dia juga pernah menjadi anggota dewan komisaris berbagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, pertambangan, manufaktur, teknologi, barang dan infrastruktur konsumen, antara lain Komisaris Utama PT Sarana Multi Infrastuktur, Komisaris Utama Bank Mandiri dan Unilever.

Baca juga: OJK terbitkan aturan baru bagi bank syariah dan BPR

Mahendra Siregar bergabung dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada tahun 1986 dan ditugaskan untuk berbagai jabatan, termasuk Sekretaris Ketiga Ekonomi Kedutaan Besar Indonesia di London dan Penasihat Informasi Kedutaan Besar Indonesia di Washington,.

Dia lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada tahun 1986, dan menerima gelar Magister Ekonomi dari Universitas Monash pada tahun 1991.Mahendra usai bertemu Presiden Jokowi menyampaikan kepada wartawan bahwa Presiden memintanya untuk meningkatakan kualitas promosi investasi perdagangan.

Baca juga: Ini dia daftar terbaru 102 pinjol legal dari OJK

Berikut nama-nama Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027

Ketua: Mahendra Siregar

Wakil Ketua: Mirza Adityaswara

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan: Dian Ediana Rae

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal: Inarno Djajadi

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya: Ogi Prastomiyono

Ketua Dewan Audit: Sophia Issabella Wattimena

Anggota Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Friderica Widyasari Dewi (HAN)

 

 

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.