BNI alokasikan 3% dari revenue untuk capex teknologi informasi

- 11 Februari 2022 - 16:40

digitalbank.id – DIGITAL adalah sebuah keniscayaan yang harus dihadapi oleh setiap perusahaan modern, termasuk perbankan. Mak tak heran bila PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) berkomitmen meningkatkan kinerja dari sisi layanan digital dengan menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (Capex) teknologi informasi (TI) yang cukup pada 2022.

Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom menuturkan, perseroan berupaya untuk dapat meningkatkan kualitas, sekaligus keamanan digital guna menjaga serta meningkatkan kepercayaan nasabah Indonesia. “Transformasi digital BNI akan kami lanjutkan. Tahun ini, kami mengalokasikan dana yang sangat cukup untuk pengembangan TI. Capex TI BNI tahun 2022 sekitar 3 persen dari gross income atau revenue,” ujar Mucharom dalam keterangan tertulis, Kamis (10/2/2022).

Mucharom membeberkan dana yang dialokasikan tersebut digunakan untuk pengembangan TI dan digitalisasi, antara lain untuk pengembangan kapasitas hardware maupun software. Lebih khususnya, bank pelat merah ini menggunakan capex TI untuk pengembangan fitur-fitur yang relevan dengan kebutuhan layanan perbankan digital nasabah kami sebagai bank digital dengan keunggulan bisnis global.

Tak ketinggalan, Mucharom menyampaikan bahwa BNI pun akan membangun BNI Mobile Banking untuk dapat terintegrasi dengan lebih banyak channel dan mitra Open API. “Di samping itu, alokasi dana untuk memperkuat sistem keamanan juga menjadi salah satu prioritas kami untuk dapat terus menjaga kepercayaan nasabah yang semakin aktif menggunakan digital banking,” sambungnya.

Mucharom memaparkan BNI sebagai salah satu pelopor digital banking Indonesia menorehkan kinerja digital sangat positif pada tahun lalu. Sepanjang 2021, user BNI Mobile Banking meningkat 38,9 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi 10,8 juta pengguna. Total transaksi tahunan pun meningkat 43,4 persen yoy menjadi 434 juta transaksi dengan nilai Rp615 triliun, naik 31,9 persen yoy.

Bahkan, BNI mampu membuktikan hasil ekspansi bisnis digital pada masa pandemi tahun lalu. Untuk BNI Open API tercatat memiliki 443 jenis layanan, yang merupakan jumlah terbanyak di antara bank peers. BNI Open API memiliki lebih dari 4.000 mitra. Selain melalui Open API, emiten bank bersandi BBNI ini juga memiliki solusi layanan transaksi yang terintegrasi untuk nasabah bisnis dan institusi, termasuk UMKM, yaitu BNIDirect.

Layanan BNIDirect meliputi manajemen pembayaran, manajemen koleksi, manajemen likuiditas, audit dan reporting, hingga layanan bank garansi dan ekspor-impor seperti L/C dan trade. Total digital klien BNIDirect mencapai 321, meningkat dari tahun sebelumnya yang tercatat 198 klien. Sepanjang 2021, total transaksi BNIDirect mampu tumbuh hingga mencapai 494,3 juta transaksi dengan pertumbuhan 115,3 persen yoy, dengan nilai transaksi mencapai Rp4.615 triliun naik 14,2 persen yoy.(SAF)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.