Phil Handy motivasi pebasket muda di “94 Feet of The Game Indonesia Basketball Camp 2024”

- 7 Oktober 2024 - 17:56

Sebagai acara puncak dari program “94 Feet of The Game Indonesia Basketball Camp 2024”, Phil Handy, coach basket NBA ternama, hadir dalam acara meet and greet dengan talenta basket muda berusia 14-18 tahun, serta penggemar olah raga basket lainnya.

Acara yang merupakan kerja sama Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) dan OCBC ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta, mulai dari anak-anak hingga dewasa, untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan Phil Handy. Meet and greet ini juga merupakan acara lanjutan dari kegiatan coaching dan training dengan Phil Handy yang berlangsung pada 25 hingga 27 September lalu.

Phil Handy (Foto: OCBC Indonesia)

Tentang 4 sesi coaching dan training yang diikuti oleh pelatih dan juga talenta basket muda ini, Phil Handy mengatakan, “Yang saya sukai dari anak-anak di sini adalah mereka sama sekali tidak pernah mengeluh di sepanjang sesi. Dari awal, saya hanya minta satu hal, yaitu mereka harus bersungguh-sungguh dan bekerja keras. Walaupun ada banyak pemula yang bahkan belum bisa bermain basket, mereka tetap memberikan yang terbaik dalam sesi latihan. Karena untuk menjadi pemain yang baik itu bukan tentang seberapa berbakatnya seseorang, tetapi tentang seberapa kerasnya usaha mereka untuk terus menjadi lebih baik.”

Sebagai tuan rumah pelaksanaan Meet and Greet ini, Faren Indirawati Tjong, National Network Head OCBC mengatakan, “Di OCBC, kami memiliki sebuah slogan yaitu ‘Tidak Ada Yang Tidak Bisa’.

Lewat acara ini kami ingin menularkan semangat tersebut kepada talenta basket muda Indonesia, bahwa mereka bisa menggapai mimpi dan menjadi apapun yang mereka inginkan, dengan usaha, kerja keras, dan tentunya dukungan dari orang-orang terdekat. Semoga rangkaian kegiatan ini memberikan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat untuk anak-anak agar dapat mencapai Impian mereka, khususnya dalam olah raga basket.”

Mengamini hal tersebut, Phil Handy mengatakan bahwa ia juga memiliki sebuah branding yaitu “Be Your Own GOAT” atau Greatest of All Time atau Terbaik Sepanjang Masa. Istilah ini populer di dunia olah raga, diperuntukkan bagi pemain yang dianggap sebagai yang terbaik dalam olahraga atau tim mereka.

“’Be Your Own GOAT artinya semua atlet, semua orang, memiliki sebuah hal yang luar biasa dalam diri mereka. Saya selalu mengajarkan atlet muda bahwa saya tidak mau mendengar kata “tidak bisa”. Apabila mereka ingin mencapai sesuatu, maka mereka harus belajar, bekerja keras, dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya.”

Ia menambahkan, “Jadi, setiap hari kamu bangun dan coba untuk menjadi hebat dengan caramu sendiri, lakukan sesuatu yang hebat setiap hari dengan konsisten, dan kamu akan melihat perbaikan dan perkembangan yang besar dari waktu ke waktu untuk mencapai hal yang kamu inginkan.”

Ardima Rama Putra, PLT Ketua Umum PP PERBASI mengatakan, “Rangkaian kegiatan 94 Feet of The Game Indonesia Basketball Camp 2024 telah selesai dengan sukses. Kami berharap ilmu yang diberikan oleh Phil Handy sebagai seorang coach kelas dunia dapat diterima dengan baik oleh talenta basket muda Indonesia, dan bisa menjadi motivasi untuk mereka agar terus mengejar prestasi dan memajukan olah raga basket di Indonesia.”

Phil Handy sendiri merupakan pelatih basket dengan track record yang tidak perlu diragukan, karena berhasil membawa timnya ke 5 final NBA dan 3 kali juara NBA, dengan beberapa team yang kuat dan terkenal seperti Cleaveland Cavaliers, Toronto Raptors, dan tim pemenang NBA, Los Angeles Lakers.

Ia juga merupakan pelatih favorit dari pebasket ternama Kobe Bryant, Kylie Irving, Anthony Davis, dan masih banyak pemain NBA lainnya. Di Indonesia, Phil Handy juga pernah membantu Timnas Putri menembus 8 besar pada Asian Games 2022 yang berlangsung pada 23 September-8 Oktober 2023 di Hangzhou, China. ■

Comments are closed.