Cashville Kidz, upaya Maybank Indonesia tingkatkan literasi keuangan anak SD

- 24 Juli 2024 - 10:21

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menggelar kegiatan literasi keuangan melalui program Cashville Kidz Goes To School 2024 untuk memeriahkan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli.

Menurut Head Sustainability Maybank Indonesia Maria Trifanny Fransiska, menjelaskan Cashville Kidz merupakan program yang dilaksanakan untuk memberikan edukasi mengenai keuangan sejak dini kepada anak usia 9-12 tahun atau yang duduk di kelas 4-6 Sekolah Dasar sebagai bagian dari pelaksanaan program Sustainability Maybank Indonesia.

“Kami juga ingin meningkatkan employee engagement dengan memberikan kesempatan kepada karyawan dan manajemen untuk berinteraksi langsung bersama anak-anak Indonesia dalam kegiatan kesukarelawanan yang inspiratif,” ujarnya, Selasa (23/7)

Maria menjelaskan, Cashville Kidz merupakan inisiatif Maybank Foundation bekerja sama dengan Lembaga Nirlaba MoneyTree melalui modul video animasi edukatif yang telah diimplementasikan di lebih dari 6 Negara Asia Tenggara sejak 2019.

Program Cashville Kidz merupakan bagian dari upaya Maybank Indonesia untuk secara konsisten mendukung inisiatif keuangan berkelanjutan sebagai bagian dari implementasi Strategi Maybank Group M25+. Strategi tersebut merupakan navigator untuk Maybank Group guna mendorong pertumbuhan jangka panjang yang difokuskan pada lima pilar strategis utama, diantaranya adalah mendorong kepemimpinan dalam Agenda Keberlanjutan.

Maria menyampaikan program Cashville Kidz tahun 2024 diselenggarakan di 23 Sekolah Dasar yang tersebar di Jakarta, Medan, serta Yogyakarta. Pada hari Anak Nasional, kegiatan ini dilaksanakan serentak di 3 Sekolah Dasar di Jakarta, yaitu di SDN 02 Menteng, Jakarta Pusat, SDN 10 Johar Baru, Jakarta Pusat dan SDN 03 Gondangdia, Jakarta Pusat.

Perwakilan Direksi Maybank Indonesia beserta 46 relawan pengajar dan 11 relawan dokumentator yang merupakan karyawan Maybank Indonesia berpartisipasi aktif menyampaikan materi literasi keuangan kepada siswa-siswi peserta program. Maybank Indonesia juga berkesempatan untuk menyerahkan bantuan kepada sekolah-sekolah penerima program Cashville Kidz Goes to School 2024.

Mengawali program Cashville Kidz Goes to School, Maybank Indonesia juga telah melaksanakan kegiatan literasi keuangan kepada lebih dari 100 anak karyawan melalui program Cashville Kidz Bootcamp yang diselenggarakan pada 2 Juli dan 9 Juli 2024 di Kantor Pusat Maybank Indonesia, dengan tujuan utama untuk membekali anak-anak, dimulai dari anak karyawan, dengan keterampilan pengelolaan keuangan yang penting untuk terus membangun masa depan yang lebih stabil secara finansial.

Sejak awal peluncurannya sampai semester pertama tahun 2024, program Cashville Kidz berdampak positif kepada 7.896 siswa di Indonesia. Maybank Indonesia terus memacu implementasi program tanggung jawab perusahaan (Corporate Responsibility) dengan secara aktif mendukung berbagai inisiatif yang memberikan dampak sosial sesuai dengan tiga pilar utama, yaitu Penguatan Pendidikan (Empowering Education), Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment), dan Keberagaman Lingkungan (Environmental Diversity).

Implementasi program Corporate Responsibility ini merupakan bagian dari komitmen perseroan untuk meningkatkan kesejahteraan dua juta Rumah Tangga di ASEAN pada 2025. Program Corporate Responsibility lainnya yang juga merupakan inisiatif utama Maybank untuk memberikan dampak sosial antara lain Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (R.I.S.E.) 2.0, yang berfokus pada peningkatan pengetahuan kewirausahaan dan kapabilitas untuk penyandang disabilitas dan kaum marjinal di Indonesia, dan program Maybank Women Eco-Weavers (MWEW) untuk mendorong kemandirian dan inklusi keuangan kepada perempuan Indonesia. Harga saham Maybank Indonesia pada penutupan perdagangan Selasa pekan ini menjadi Rp212 atau naik tipis sebesar 0,95% dari perdagangan sebelumnya. ■

Comments are closed.