Believe in Brand. Itulah barangkali moto para pemasar mengingat betapa pentingnya brand bagi sebuah produk atau jasa. Maka dari itu, Aice Group, produsen es krim ternama saat ini misalnya, terus mengembangkan sayap dan membangun brand melalui berbagai upaya yang konsisten. Hasilnya Aice kembali mendominasi industri es krim nasional dengan memenangkan penghargaan Superbrands untuk ke-4 kalinya secara berturut-turut.
Produsen es krim dengan skala produksi nasional terbesar ini menerima penghargaan prestisius tersebut dalam acara Gala Award Superbrands Indonesia’s Choice 2023 Jumat (27/10/2023) lalu, di Jakarta. Selain ke Aice Group, lembaga arbiter Internasional terkemuka dan terpercaya di lebih dari 90 negara tersebut, juga menyerahkan penghargaan kepada 40 pemilik jenama terbaik di Indonesia lainnya. Penghargaan ini menjadi pengakuan dari pasar atas capaian terbaik Aice dalam industri es krim nasional.
Senior Brand Manager dan Juru Bicara Aice Group, Sylvana Zhong, menjelaskan bahwa penghargaan Superbrands tahun ini menjadi catatan konsisten atas capaian Aice dalam berbagai dimensi usahanya di empat tahun terakhir. Meski terbilang muda dibanding kompetitor utamanya, Aice mampu membuktikan kedudukannya sebagai es krim yang terpopuler dengan kualitas terbaik.
Baca Juga: Aice Group raih Top Halal Award kategori es krim
“Kami sangat bangga kembali dipercaya untuk meraih penghargaan ini. Selain itu, penghargaan Superbrands tahun ini didasarkan pada survei Nielsen yang akurat. Penghargaan ini juga menjadi momen penting bagi perusahaan, distributor, dan ratusan ribu reseller Aice untuk mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap produk es krim Aice. Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas dan inovasi produk Aice di masa depan,” ungkap Sylvana.
Chief Executive Officer Superbrands Indonesia, Grandtyana Mayasari, menyatakan bahwa jenama-jenama yang memperoleh status Superbrands telah melewati proses seleksi ketat yang mencakup beberapa kriteria penilaian utama, yaitu Market Dominance (dominasi pasar), longevity (lamanya eksistensi jenama), Good Will (reputasi positif), Customer Loyalty (loyalitas pelanggan), serta Overall Market Acceptance (penerimaan di pasar secara keseluruhan).
Di balik prestasi gemilang di beberapa kriteria tersebut, Aice menunjukkan dominasi pasar dalam kategori produk es krim dengan pangsa pasarnya yang besar dan keberadaan yang kuat di industri tersebut. Meskipun relatif baru, Longevity Aice selama delapan tahun menciptakan nilai tambah yang signifikan. Tingkat Customer Loyalty yang tinggi juga mencerminkan kepuasan pelanggan yang kuat dan kepercayaan yang mereka miliki terhadap jenama ini.
Selain itu, Brand Consistency juga tercermin pada konsistensi Aice dalam menyampaikan pesan dan citra jenamanya sebagai es krim yang konsisten mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat. Aice memprioritaskan aspek higienes, bahan berkualitas, kandungan protein dan berbagai vitamin yang baik bagi kesehatan, dalam semua proses produksi mereka. Brand Perceptions yang positif di mata masyarakat menciptakan citra positif korporat dan produk, dibangun Aice melalui berbagai iklan yang kreatif, kualitas produk terbaik, serta pengalaman pelanggan yang memuaskan sesuai motto dari Aice yaitu “Have an Aice Day”.
Selain itu, Aice juga berkontribusi pada kebaikan sosial melalui Good Will, menciptakan manfaat positif bagi masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan #15HariAICEBerbagiSehat yang secara aktif berbagi kebahagiaan yang turut melibatkan ratusan ribu mitra Aice di seluruh Indonesia dalam menyukseskan berbagai program tanggung jawab sosial. Brand Trust yang kuat merupakan faktor penting dalam memilih jenama es krim, dan konsumen memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap Aice. Aice juga diterima dengan baik oleh pasar dan industri (Market Acceptance), dengan bukti dominasi pasar dan keberhasilan jenama ini. Dalam konteks Overall Brand Reputation, Aice memiliki reputasi yang baik di masyarakat dan industri.
Baca Juga: Aice Group raih Top Halal Award kategori es krim
Berbagai parameter tersebut menjadi dasar penilaian yang kuat dan objektif dalam penghargaan Superbrands tahun ini, yang memastikan bahwa Aice dianggap sebagai salah satu jenama terkemuka dan paling dihormati di kategori es krim. Menurut Superbrands, kelima kriteria penilaian tersebut menjadi panduan yang dijalankan lembaga Nielsen dalam melakukan survei di enam kota metropolitan, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar.
Keberhasilan Aice memenuhi semua kriteria dengan baik, mencerminkan keberhasilan serta konsistensi perusahaan dalam mempertahankan kualitas produk dan memenangkan hati pelanggannya. Seperti diketahui oleh publik selama ini, Aice telah mendominasi berbagai penciptaan terkini atas rasa, bahan dan bentuk dalam puluhan varian produk es krim Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini.
“Dengan pencapaian Superbrands tahun ini, kami meyakini pasar Indonesia memiliki standar ekspektasi kualitas es krim yang sejalan dengan berbagai produk Aice. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan. Penghargaan Superbrands ini sangatlah memotivasi seluruh Aice baik di holding maupun ratusan ribu jaringan pedagang es krim Aice di seluruh Indonesia. Aice akan terus meningkatkan kualitas dan mutu produk, agar semua anak bangsa bisa menikmati es krim lezat terbaik, mudah didapatkan di harga terjangkau,” tegas Sylvana. ■