Hanwha Life akan investasi di Lippo General Insurance

- 12 April 2023 - 22:55

digitalbank.id – Hanwha Life, perusahaan asuransi terbesar kedua di Korea Selatan di bawah kelompok usaha Hanwha Group yang juga perusahaan konglomerasi terbesar ke-7 di Korea, menggandeng Lippo untuk berinovasi dan mengembangkan sektor asuransi di Indonesia.

Melalui kemitraan ini, Hanwha akan berinvestasi di Lippo General Insurance (LPGI), perusahaan asuransi umum terkemuka di Indonesia yang didirikan pada 1963 dengan total aset sebesar Rp2,93 triliun tahun 2022.

Presiden Direktur Hanwha Life Indonesia Steven Namkoong mengatakan, melalui investasi dan kemitraan dengan Lippo General Insurance, Hanwha Life Indonesia akan tumbuh semakin kuat dan portofolionya menjadi semakin lengkap.

“Hanwha Life ke depannya tidak hanya menyediakan asuransi jiwa, tetapi juga asuransi umum bagi masyarakat Indonesia. Untuk produk asuransi umum, asuransi mobil merupakan salah satu potensi besar,” ujarnya, Rabu (12/4).

Menurut dia, Investasi di Lippo General Insurance merupakan langkah awal dari kemitraan strategis antara Hanwha Group dan Lippo untuk bekerja sama mewujudkan Indonesia yang lebih baik, lebih inklusif, dan lebih berkelanjutan, serta mendukung pemerintah dalam memperdalam dan memperluas akses ke sektor layanan keuangan.

Dalam investasi ini, Hanwha Group, melalui dua anak usahanya, yaitu Hanwha Life Indonesia dan Hanwha General Insurance Co Ltd, akan menjadi pemegang saham pengendali di LPGI dengan kepemilikan saham sebesar 62,59%.

Presiden Direktur Hanwha Life Indonesia Steven Namkoong menambahkan, Hanwha Life Indonesia akan memiliki jaringan dan nasabah yang semakin luas. Hanwha Life Indonesia juga berkolaborasi dengan Lippo Group dalam kerja sama multisektor dan penjualan produk asuransi jiwa berjangka. Salah satu target utama Hanwha Life Indonesia adalah menjadi insurtech nomor satu dalam kompetensi bisnis di Indonesia.

“Saat ini, Hanwha Life Indonesia sedang mengembangkan platform penjualan asuransi digital dan menggarap aplikasi berbasis metaverse,” katanya.

Hanwha Life merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di Korea Selatan, sekaligus bagian dari Hanwha Group, grup konglomerat (chaebol) terbesar ketujuh di Korea. Pada 2021, Hanwha Life Insurance Co Ltd membukukan total aset sebesar Rp 1.881 triliun (KRW1 63,6 triliun), sedangkan aset Hanwha General Insurance Co Ltd sebesar Rp 230,8 triliun (KRW 20,28 triliun). PT Hanwha Life Insurance Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 24 Oktober 2013 dengan aset sebesar Rp 2,08 triliun pada kuartal IV-2022. ■

Comments are closed.