Leo Kusmanto nakhodai bank digital milik Astra Financial

- 10 Maret 2023 - 07:54

digitalbank.id – BANKIR-BANKIR digital ke depan akan semakin diperlukan dan dicari berbagai bank digital di Indonesia. Lihat misalnya Astra Financial yang berencana meluncurkan bank digital di Indonesia September 2023 mendatang, juga telah melakukan pengisian posisi kepengurusan untuk bank digital baru tersebut.

Direktur Astra Financial Handoko Liem mengatakan setelah mengakuisisi PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) bersama WeLab Sky Limited pada tahun lalu, Astra Financial akan menjadikan BJJ sebagai bank digital. Handoko mengatakan posisi Direktur Utama bank digital baru Astra itu akan dijabat oleh Leo Kusmanto. Siapa dia?

Berdasarkan laman LinkedIn-nya, Leo sudah mengisi posisi sebagai Executive Advisor di BJJ sejak tahun lalu. Leo sendiri merupakan bankir yang berpengalaman di bidang transformasi digital. Sebelumnya, Leo menjabat sebagai Managing Director Head of Digital Banking di DBS Indonesia.

Ia telah berpengalaman menangani layanan digital milik DBS Indonesia sejak 2016 dan berhenti pada 2022. DBS Indonesia mempunyai layanan digital bernama Digibank by DBS. Layanan tersebut diluncurkan sejak 2017 dan berkembang pesat. Pada pertengahan tahun lalu, layanan digital dari DBS Indonesia ini telah digunakan oleh 80 persen nasabahnya.

Selain di DBS Indonesia, Leo juga pernah menjadi bankir di PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) selama 3 tahun dan di PT Bank HSBC Indonesia selama hampir 5 tahun. Jauh sebelum itu, Leo bekerja sebagai konsultan senior di Acenture dan Booz Allen Hamilton sejak 1996 hingga 2002.

Leo meraih gelar sarjana di Universitas Trisakti pada bidang teknik industri. Kemudian ia berhasil meraih gelar MBA di University of Minnesota. Sementara itu, bank digital yang akan Leo pimpin merupakan bank digital besutan Astra dan WeLab. Bank digital baru itu nantinya akan mengandalkan ekosistem yang luas di Astra dan pengalaman transformasi digital WeLab untuk bisa bersaing dengan bank digital lainnya di Indonesia. Mampukah Leo menjadikan bank digital besutan Astra ini menjadi bank digital paling berpengaruh di Indonesia?(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.