Citi memprediksi pasar metaverse 2030 bernilai US$13 triliun dengan 5 miliar pengguna

- 2 April 2022 - 08:15

Raksasa perbankan Citi dalam laporan Global Perspectives & Solutions (Citi GPS) yang diberi tajuk "Metaverse And Money: Decrypting the Future", mengungkapkan  bahwa ekosistem dunia maya di metaverse bisa tumbuh hingga mencapai 5miliar pengguna dalam beberapa tahun ke depan. Selain itu, dari analisa Citi, total addressable market (TAM) metaverse bakal tumbuh hingga US$13 triliun.

digitalbank.id – Raksasa perbankan Citi dalam laporan Global Perspectives & Solutions (Citi GPS) yang diberi tajuk “Metaverse And Money: Decrypting the Future”, mengungkapkan  bahwa ekosistem dunia maya di metaverse bisa tumbuh hingga mencapai 5miliar pengguna dalam beberapa tahun ke depan. Selain itu, dari analisa Citi, total addressable market (TAM) metaverse bakal tumbuh hingga US$13 triliun.

Laporan tersebut, seperti dikutip bitcoin.com, menyelami metaverse secara komprehensif sekaligus menganalisis berbagai aspeknya secara rinci mulai dari apa itu metaverse, infrastruktur di balik metaverse, aset digital seperti token non-fungible (NFT), keuangan terdesentralisasi, dan perkembangan peraturan dan bagaimana mereka dapat memengaruhi metaverse.

Baca juga: Susul JPMorgan, HSBC masuk ke metaverse berkolaborasi dengan The Sandbox

Citi memperkirakan jalan yang sangat bullish di depan dalam laporan tersebut, dengan institusi dan perusahaan terkemuka menandakan keinginan mereka untuk memasuki metaverse. Citi juga memperkirakan bahwa Web 3.0 dan metaverse akan memperluas cakupannya lebih dari sekadar game dan mencakup ruang lain seperti media, periklanan, seni, perdagangan, perawatan kesehatan, dan banyak lagi. Lebih lanjut dinyatakan bahwa ekosistem sebesar ini bisa menjadi pasar multi-triliun dolar.

“Kami percaya metaverse mungkin merupakan generasi berikutnya dari internet, menggabungkan dunia fisik dan digital dengan cara yang gigih dan imersif dan bukan murni dunia realitas virtual. Kami memperkirakan total pasar yang dapat dialamatkan untuk ekonomi metaverse dapat tumbuh menjadi antara US$8 triliun-US$13 triliun pada tahun 2030,” demikian Citi.

Baca juga: Setelah BRI dan BNI, giliran Bank Mandiri pastikan ekspansi digital ke metaverse

Sebagai iterasi berikutnya dari internet, Metaverse akan menggabungkan realitas dunia fisik dan digital. Pengalaman imersif tidak akan sepenuhnya ditargetkan pada realitas virtual, tetapi pengalaman yang tidak terikat pada perangkat tertentu. Menurut laporan GPS, ini akan memungkinkan akses melalui berbagai perangkat, termasuk smartphone, PC, dan konsol game.

Laporan Citi juga menggambarkan pertumbuhan dan ukuran ekonomi metaverse, menyatakan bahwa metaverse berada di jalur untuk menjadi generasi berikutnya dari dunia online.

Lebih lanjut, dalam laporan tersebut Citi juga mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan nilai pasar yang diharapkan, metaverse akan membutuhkan pembangunan infrastruktur yang signifikan, seperti peningkatan efisiensi komputasi. Ini akan membutuhkan investasi dalam infrastruktur jaringan, komputasi, penyimpanan, perangkat keras, dan platform pengembangan game.

Baca juga: Shinta VR: Perlu dibekali roadmap, bank jangan tergesa-gesa masuk ke metaverse

Citi juga mengisyaratkan bahwa akan ada dua metaverses. Versi tertutup yang mirip dengan Web 2.0 tradisional. Ini adalah jenis metaverse yang Meta coba ciptakan. Versi kedua akan menjadi versi metaverse yang terbuka, terdesentralisasi, dan komunitas.

Menurut laporan itu, peran cryptocurrency dalam metaverse tidak dapat diremehkan, dan mereka harus hidup berdampingan dengan bentuk keuangan yang ada. Ini akan membutuhkan regulasi aset digital dan ekosistem metaverse yang berbeda.

“Bentuk cryptocurrency yang berbeda diperkirakan akan mendominasi, tetapi mengingat tren multi-rantai dalam ekosistem crypto, cryptocurrency kemungkinan akan hidup berdampingan dengan mata uang fiat, mata uang digital bank sentral (CBDC), dan stablecoin.”

Baca juga: OJK ingatkan perbankan untuk berhati-hati masuk metaverse

Sebelumnya lembaga keuangan lain juga membuat prediksi serupa. Goldman Sachs memprediksi bahwa metaverse bisa menjadi peluang US$8 triliun. Hal yang sama juga dirilis Morgan Stanley dan Bank of America.

HSBC baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan proyek metaverse terkemuka The Sandbox dan akan membeli sebidang tanah di Sandbox Metaverse, yang memungkinkannya untuk terlibat dengan penggemar olahraga dari bidang esports dan game, dan olahraga.

JPMorgan juga terjun ke metaverse pada bulan Februari, menjadi bank pertama yang memasuki metaverse dengan membuka Onyx Lounge di Decentraland. JPMorgan percaya bahwa metaverse dapat menghasilkan pendapatan sekitar US$1 triliun per tahun. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.