Citi Indonesia kucurkan kredit Rp650 Miliar ke anak usaha Sarana Menara

- 8 September 2022 - 08:10

Citibank N.A. Indonesia menandatangani perjanjian induk fasilitas kredit senilai Rp 650 miliar dengan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), PT Solusi Tunas Pratama Tbk, PT Iforte Solusi Infotek, PT BIT Teknologi Nusantara, dan PT Komet Infra Nusantara pada Agustus 2022.

digitalbank.id – Citibank N.A. Indonesia (Citi Indonesia) menandatangani perjanjian induk fasilitas kredit senilai Rp 650 miliar dengan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), PT Solusi Tunas Pratama Tbk, PT Iforte Solusi Infotek, PT BIT Teknologi Nusantara, dan PT Komet Infra Nusantara pada Agustus 2022. Sederet perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), bagian dari Grup Djarum.

Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia Batara Sianturi mengungkapkan, Indonesia tetap menjadi pasar utama bagi Citi. Di sini, pihaknya memiliki visi yang jelas untuk menjadi mitra perbankan ternama bagi institusi yang memiliki kebutuhan perbankan lintas wilayah dan terdepan dalam hal pengelolaan kekayaan, sehingga Citi dan klien dapat tumbuh serta sukses bersama.

“Kami percaya, dengan kekuatan finansial yang kami miliki untuk mendukung klien dalam hal penyediaan infrastruktur telekomunikasi, akan memberikan dampak positif yang lebih luas lagi bagi masyarakat,” ungkap Batara, dalam keterangannya, Rabu (7/9).

Sampai semester I-2022, Citi mencatat pertumbuhan portofolio kredit sebesar 9,8% year on year (yoy) menjadi Rp 43,7 triliun. Kontribusi utama pertumbuhan portofolio kredit berasal dari lini bisnis Institutional Banking, terutama pada sektor industri manufaktur serta perantara keuangan.

Pertumbuhan portofolio kredit Citi ikut ditunjang oleh tingkat kualitas dana pihak ketiga berkelanjutan yang tumbuh sebesar 11,1%, memungkinkan Bank untuk mencatatkan Loan to Deposit Ratio (LDR) yang sehat sebesar 64%. Perseroan juga mencatatkan penurunan non performing loan (NPL) gross dari 3,61% menjadi 2,86% dari periode yang sama tahun lalu.

Managing Director, Head of Corporate & Investment Banking Citi Indonesia Anthonius Sehonamin menambahkan bahwa perseroan berupaya terus menyediakan layanan dan solusi end to end kepada setiap nasabahnya. Termasuk para klien perusahaan lokal, multinasional, lembaga keuangan, dan sektor publik.

“Hingga kuartal kedua tahun ini saja, jumlah kredit di lini bisnis Institutional Group kami berhasil tumbuh sebesar Rp 4,1 triliun atau 13% year on year dibanding tahun sebelumnya. Capaian ini didorong dari pertumbuhan kredit di segmen Banking, Capital Markets and Advisory (BCMA) dan lini Commercial,” jelas Anthonius.

Di sisi lain, Sekretaris Perusahaan PT Sarana Menara Nusantara Tbk Monalisa Irawan mengungkapkan, transaksi antara Citi Indonesia dengan anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk bukan merupakan transaksi benturan kepentingan dan bukan transaksi material. “Fasilitas pinjaman yang disediakan bagi TOWR akan diperuntukan untuk keperluan modal kerja perseroan dengan jangka waktu selama 12 bulan ke depan,” imbuh dia. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.