Ciptakan BetterWorld virtual, DBS akuisisi tanah di metaverse Sandbox

- 10 September 2022 - 08:00

digitalbank.id – DBS Bank Limited Singapura menyatakan masuk ke metaverse dengan mengakuisisi tanah di metaverse The Sandbox. Bank DBS akan menciptakan dunia maya metaverse yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman membangun dunia yang lebih baik dan berkelanjutan.

Kepala eksekutif DBS Piyush Gupta mengatakan perubahan terbesar di dunia keuangan telah dikatalisasi oleh kemajuan digital selama dekade terakhir. “Dalam dekade mendatang, didorong oleh teknologi baru seperti kecerdasan buatan dan blockchain, perubahan ini berpotensi menjadi lebih mendalam,” ujarnya seperti dikutip The Strait Times, Jumat (9/9).

Menurut dia, teknologi metaverse, sementara masih berkembang, juga dapat secara mendasar mengubah cara bank berinteraksi dengan pelanggan dan komunitas. “Mengingat kecepatan perubahan, eksperimen dan pembelajaran sambil melakukan memungkinkan kami untuk menguji potensi berbagai teknologi dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Metaverse Bank DBS yang dijuluki “DBS BetterWorld”, itu akan dapat diakses oleh anggota masyarakat, termasuk pelanggan non-DBS, secara gratis. Untuk masuk ke metaverse, bank terbesar di Singapura ini bermitra dengan The Sandbox, dunia game virtual terdesentralisasi berbasis Ethereum.

DBS akan mengakuisisi sebidang Tanah 3×3 – unit real estat virtual di metaverse The Sandbox – yang akan dikembangkan dengan elemen imersif seperti bangunan, tumbuhan, dan hewan. Bersama dengan The Sandbox, DBS juga akan membeli karbon offset sehingga lahan dan produksi di BetterWorld akan netral karbon. BetterWorld akan tersedia ketika The Sandbox sepenuhnya meluncurkan metaversenya, kemungkinan tahun depan.

Lebih lanjut Gupta mengatakan, metaverse telah dipuji sebagai Internet masa depan, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi melalui karakter atau avatar, dan membeli tanah atau barang menggunakan mata uang digital. Teknologi penginderaan gerak juga membantu menghidupkan pengalaman ini misalnya, dengan memungkinkan pengguna berbicara dan merasakan sentuhan avatar lain.

Gupta menambahkan bahwa DBS BetterWorld akan menjadi platform tambahan bagi bank untuk berbagi tentang isu-isu lingkungan, sosial atau tata kelola (ESG) yang penting dan menyoroti komunitas dan mitra yang menanganinya. Misalnya, platform ini akan digunakan untuk membuat profil wirausahawan sosial di Asia yang telah memberikan dampak positif melalui model bisnis yang inovatif.

DBS dan DBS Foundation telah membantu lebih dari 800 perusahaan sosial di seluruh wilayah meningkatkan skala bisnis mereka dan memberikan hibah lebih dari $10 juta kepada hampir 100 perusahaan sosial. Pihak DBS mengatakan akan bekerja dengan mitra dari pemerintah, komunitas, bisnis dan sektor teknologi untuk mengembangkan konsep untuk meningkatkan pengalaman BetterWorld-nya.

Pihaknya juga tengah mengeksplorasi peluang untuk menampilkan BetterWorld dengan platform LiveBetter-nya yang diluncurkan Oktober 2021 lalu untuk mendorong kehidupan yang sadar lingkungan di antara para pelanggannya. LiveBetter memungkinkan pelanggan untuk mengakses kiat tentang kehidupan berkelanjutan, saluran untuk disumbangkan ke tujuan, dan peluang investasi dalam dana bertema keberlanjutan.

DBS adalah perusahaan Singapura pertama yang bermitra dengan The Sandbox dan bank lokal pertama yang terjun ke metaverse. HSBC pada bulan Maret menjadi bank global pertama yang bermitra dengan The Sandbox, yang merupakan anak perusahaan perangkat lunak game dan perusahaan modal ventura yang berbasis di Hong Kong, Animoca Brands.

Chief Operating Officer dan salah satu pendiri Sandbox Sebastien Borget mengatakan DBS bergabung dengan upaya platform untuk menciptakan SingaporeVerse, sebuah lingkungan di peta virtualnya yang akan menghidupkan budaya negara di metaverse.

“Isu ESG penting bagi kami, dan kami berharap dapat berkolaborasi dalam sebuah pengalaman yang mengundang audiens kami untuk membuat dampak global yang positif, untuk menemukan kemungkinan kreatif dari platform kami, dan mungkin menemukan peluang perubahan hidup mereka berikutnya di metaverse,” tandasnya. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.