BukuWarung siapkan layanan PPOB, bayar apa saja jadi lebih mudah

- 8 Juni 2022 - 08:18

BukuWarung mencatatkan sejak September 2021 hingga akhir Maret 2022, mayoritas merchant BukuWarung atau 26.92 persen menawarkan jasa PPOB, diikuti oleh merchant makanan dan minuman sebanyak 17.67 persen dan merchant warung sebanyak 11.39 persen.

digitalbank.id – BukuWarung menghadirkan layanan Payment Point Online Bank (PPOB), yakni layanan khusus untuk membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran menggunakan sistem perbankan.

“Masyarakat dapat melakukan pembayaran berbagai transaksi jasa seperti tagihan listrik, pembelian token listrik, pembelian pulsa, paket internet, top up uang digital seperti OVO dan GoPay, cicilan kendaraan bermotor, hingga pembayaran iuran rutin BPJS Kesehatan dan lain-lain,” ujar Maisha Ardani, Public Relations Manager BukuWarung dalam keterangan resminya, Selasa (7/6).

Menurut dia, sebelumnya, masyarakat harus datang ke masing-masing instansi terkait untuk melakukan transaksi tersebut. Berkat adanya PPOB, masyarakat bisa membayar semua tagihan hanya di satu tempat saja.

“BukuWarung mencatatkan sejak September 2021 hingga akhir Maret 2022, mayoritas merchant BukuWarung atau 26.92 persen menawarkan jasa PPOB, diikuti oleh merchant makanan dan minuman sebanyak 17.67 persen dan merchant warung sebanyak 11.39 persen,” tambahnya.

Baca juga: JULO gandeng BukuWarung perluas akses penyaluran kredit untuk UMKM

Lebih lanjut dia mengatakan, ratusan merchant BukuWarung juga sudah tersebar di berbagai di Indonesia, termasuk di kota-kota tier 2, tier 3 dan tier 4 seperti Tegal dan Jepara di Jawa Tengah, Banjarmasin di Kalimantan Selatan dan Jambi di Sumatera.

Menurut BukuWarung, hadirnya PPOB di kota-kota kecil menjadi peluang bagi para merchant untuk mengembangkan potensi usahanya dan juga membantu masyarakat sekitar membayar tagihan dengan lebih mudah, cepat dan aman.

Potensi pasar di kota-kota non-metropolitan masih sangat luas, pasalnya, menurut laporan Alpha JWC Ventures dan Kearney di tahun 2021, kota-kota kecil akan menjadi kontributor terbesar pada ekonomi digital pertumbuhan Indonesia hingga empat tahun ke depan.

Tren tersebut mulai muncul sejak pandemi COVID-19 memaksa masyarakat untuk mengadopsi solusi-solusi digital, termasuk pembayaran digital. Baca Juga: Bangun Ekosistem Digital Aman dan Inklusif, Pemerintah Terapkan Tiga Langkah Ini.

Baca juga: Rambah bisnis fintech, INTI luncurkan layanan PPOB INTIPay

“BukuWarung sendiri telah berfokus pada pengembangan pasar di kota-kota tier 2, tier 3 dan tier 4. Tahun 2021, lebih dari 1/3 dari total pengguna BukuWarung berasal dari kota-kota non-metropolitan,” terangnya.

Berdiri sejak 2019, BukuWarung telah digunakan lebih dari 7 juta pelaku UMKM di Indonesia. Perjalanan BukuWarung diawali dengan sebuah aplikasi pembukuan dan kini telah berkembang menjadi penyedia jasa keuangan lengkap dalam 1 aplikasi (all-in-one financial app) bagi UMKM untuk solusi Agen Produk Digital (Pulsa, Token, BPJS, dll), Tagih & Bayar untuk pembayaran dari pelanggan ke merchant, Solusi Modal Usaha, Talangin Dulu untuk Supplier – Merchant, Akses ke komunitas UMKM serta QRIS yang Mudah, Cepat & Praktis). (HAN)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.