BRI optimistis Holding Ultramikro berpotensi berdayakan 45 juta nasabah

- 20 September 2022 - 08:28

Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Supari mengungkapkan bahwa Holding Ultramikro (UMi) dengan BRI sebagai induk akan memperluas akses keuangan masyarakat bagi 45 juta nasabah ultramikro.

digitalbank.id – Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Supari mengungkapkan bahwa Holding Ultramikro (UMi) dengan BRI sebagai induk akan memperluas akses keuangan masyarakat bagi 45 juta nasabah ultramikro yang sekitar 15 juta di antaranya sudah dapat mengakses lembaga pembiayaan formal.

“Meskipun demikian, masih ada sekitar 12 juta pelaku usaha UMi yang mengakses pembiayaan informal termasuk rentenir, dan sekitar 18 juta pelaku usaha UMi lainnya belum tersentuh lembaga pembiayaan formal maupun informal. Di sinilah segmen UMi dapat menjadi sumber pertumbuhan baru bagi BRI Group,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Senin (19/09).

Supari menambahkan, melalui Holding UMi ketiga entitas perusahaan yang tergabung saat ini memiliki lebih dari 16.900 unit gerai layanan fisik di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, 1.002 Co-Location Gerai Senyum dan lebih dari 70 ribu tenaga pemasar juga dilengkapi dengan platform Senyum Mobile yang siap melayani pelaku usaha Umi.

Dalam prosesnya, BRI menyinergikan kinerja ketiga entitas dengan tiga tahapan, tahap pertama proses emporwering people di mana PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berperan membantu kelompok usaha kaum perempuan lewat edukasi dan pendampingan.

Tahapan kedua adalah fase integrasi, yakni melalui pengembangan usaha ultra mikro dengan BRI dan PT Pegadaian sebagai penyedia modal yang dapat dipilih pelaku usaha.

Selanjutnya, UMKM akan mengembangkan skala usaha, misalnya segmen UMi menjadi segmen mikro, mikro ke kecil, dan usaha kecil jadi menengah. “Dengan demikian, Holding UMi dapat terus mendorong pelaku usaha meningkatkan skala bisnisnya agar dapat lebih besar dan semakin tangguh,” ujar Supari.

Berdasarkan catatan, Holding Ultra Mikro (UMi) yang terdiri atas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), memperlihatkan kinerja positif semenjak satu tahun terbentuk. Holding yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN pada September 2021 ini mencatatkan jumlah nasabah terintegrasi per akhir Agustus 2022 sebanyak 23,5 juta. Adapun total outstanding pembiayaan telah mencapai Rp183,9 triliun. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.