BRI Finance optimalkan sinergi dengan induk usaha untuk perkuat branchless financing

- 17 Oktober 2022 - 19:19

PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) memperluas jangkauan pasar serta memacu pertumbuhan branchless financing melalui optimalisasi sinergi dengan induk usaha, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

digitalbank.id – PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) memperluas jangkauan pasar serta memacu pertumbuhan branchless financing melalui optimalisasi sinergi dengan induk usaha, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

Direktur Utama BRI Finance Azizatun Azhimah mengungkapkan, saat ini telah memiliki 177 titik branchless financing hampir di seluruh Kantor Cabang BRI. Salah satu tujuannya adalah melayani potensi pembiayaan kendaraan bermotor nasabah eksisting BRI.

“Selain itu branchless financing BRI Finance yang menjangkau hingga daerah tingkat kabupaten di Indonesia juga untuk menangkap potensi bisnis konsumer melalui kerja sama dengan dealer dan showroom yang tidak terlayani oleh perusahaan multifinance lain,” ujar Azizatun, Senin (10/10).

Menurut dia, penambahan layanan melalui branchless financing untuk memperluas pasar yang ditempuh BRI Finance menurutnya cukup masif dilakukan pada kuartal II-2022. Pada periode tersebut terdapat penambahan sebanyak 27 titik dari jumlah semula 150 titik.

Penambahan layanan berfokus pada daerah yang memiliki potensi dealer kendaraan bermotor dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang besar. Branchless financing pun memberikan kontribusi yang besar terhadap porsi pembiayaan BRI Finance.

Azizatun menjelaskan saat ini rata-rata porsi pembiayaan yang berasal dari branchless financing BRI Finance adalah sebesar 40% per bulan dari total pembiayaan konsumer perusahaan. Dengan branchless financing, BRI Finance juga mampu menangkap potensi di daerah yang sebelumnya belum terlayani oleh perusahaan multifinance.

Selain akses pembiayaan yang semakin dekat dan mudah dijangkau, melalui branchless financing BRI Finance mampu menghadirkan layanan yang cepat dan tepat bagi nasabah. BRI Finance juga berupaya merealisasikan target kinerja pada tahun ini yang membidik pembiayaan tumbuh lebih dari 20%. Pada akhir 2022, BRI Finance membidik pembiayaan baru dengan nilai di atas Rp4 triliun.

“Fokus utama dari Relationship Manager (RM) BRI Finance di branchless financing adalah pembiayaan fasilitas dana dengan pasar sasaran utama nasabah BRI. Selain itu RM juga dapat memasarkan produk pembiayaan konsumer lain yaitu pembiayaan mobil baru dan pembiayaan mobil bekas,” kata Azizatun.

Sementara itu, untuk produk dengan portofolio terbesar dari branchless financing BRI Finance masih disumbangkan oleh pembiayaan mobil baru dengan porsi mencapai 80% dari rata rata total pembiayaan per bulan yang dibukukan masing-masing RM.

Azizatun menambahkan dalam memperluas pasar pihaknya juga terus berkomitmen memperkuat sinergi ekosistem dengan BRI Group. “Saat ini yang sudah berjalan antara lain dengan induk terkait branchless financing serta value chain bisnis lain BRI. Ada pula asuransi nasabah BRI Finance dengan BRI Insurance serta kebutuhan asuransi jiwa pembiayaan dengan BRILife,” katanya. (HAN)

 

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.