Bingung alokasikan dana pendidikan anak? Ini strategi yang ditawarkan OCBC NISP

- 8 September 2022 - 08:22

Memastikan masa depan buah hati adalah salah satu life goal yang dimiliki oleh orang tua. Salah satu cara untuk mempersiapkan mereka di masa depan adalah dengan memberikan pendidikan yang terbaik untuk mereka.

digitalbak.id –  Memastikan masa depan buah hati adalah salah satu life goal yang dimiliki oleh orang tua. Salah satu cara untuk mempersiapkan mereka di masa depan adalah dengan memberikan pendidikan yang terbaik untuk mereka. Apalagi semakin ke depannya biaya Pendidikan semakin tinggi, sehingga perlu paham betul bagaimana mempersiapkan dana tersebut dengan pengelolaan biaya yang tepat. Terutama bagi para orang tua yang mempunyai rencana menyekolahkan anak di luar negeri.

Namun keinginan tersebut perlu diimbangi oleh persiapan dana keuangan yang tidak sedikit jumlahnya dari jauh-jauh hari, supaya jangan sampai terjadi ketidakcukupan dana yang dapat mengganggu keuangan keluarga di masa depan. Sejalan dengan hasil Financial Fitness Index Bank OCBC NISP 2022 menjelaskan bahwa 46% masyarakat Indonesia menabung
secara rutin minimum 20% dari pendapatan.

Wealth Management Division Head Bank OCBC NISP, Juky Mariska menuturkan, semakin ke depan biaya pendidikan semakin tinggi, sehingga perlu memahami bagaimana mempersiapkan dana tersebut dengan pengelolaan biaya yang tepat.

“Sehingga perlu paham betul bagaimana mempersiapkan dana tersebut dengan pengelolaan biaya yang tepat. Terutama bagi para orang tua yang mempunyai rencana menyekolahkan anak di luar negeri,” kata Juky dalam keterangan resminya, Rabu (7/9).

Namun keinginan tersebut perlu diimbangi oleh persiapan dana keuangan yang tidak sedikit jumlahnya dari jauh-jauh hari, supaya jangan sampai terjadi ketidakcukupan dana yang dapat mengganggu keuangan keluarga di masa depan.

“Sejalan dengan hasil Financial Fitness Index Bank OCBC NISP 2022 menjelaskan bahwa 46 persen masyarakat Indonesia menabung secara rutin minimum 20 persen dari pendapatan,” ujar dia.

Menurutnya, masyarakat Indonesia sudah mengetahui pentingnya untuk menabung. Lantas, apakah penerapan serta pengelolaan sudah tepat? serta mengapa penting merencanakan dana pendidikan anak dari awal? Adapun, sejumlah tips rencanakan dana pendidikan anak dari OCBC.

Pertama, persiapan keuangan harus direncanakan dengan baik agar nantinya tabungan yang dilakukan tidak tergerus inflasi.

Kedua, dengan melihat kenaikan biaya pendidikan, apakah dengan menabung saja cukup? Sepertinya tidak.

“Tergantung jangka waktu persiapan dana, semakin singkat jangka waktunya, mungkin tabungan atau deposito akan menjadi pilihan. Semakin panjang jangka waktu persiapan, maka pilihan instrumen investasi lebih luas sesuai profil risiko investasi kita,” kata Juky.

Kemudian, untuk mendukung para orang tua untuk mempersiapkan pendidikan anak, Bank OCBC NISP menyediakan layanan FX yang terintegrasi di ONe Mobile secara komprehensif, baik itu dari kemudahan berbagai jenis mata uang, nilai tukar yang kompetitif, transaksi valas, hingga investasi valas, berupa Deposito dengan 7 mata uang, jangka waktu fleksibe dan suku bunga kompetitif.

Selain itu, ada juga reksadana yang mudah, nyaman, dan sebagai diversifikasi risiko serta Obligasi yang aman dan merupakan produk likuid.

“Sehingga Anda bisa menyesuaikan investasi valas sesuai dengan profil risiko yang Anda miliki dengan mata uang di mana anak Anda mau mengenyam pendidikan nantinya. Tentunya, akan lebih maksimal karena uang yang diinvestasikan tidak akan lekang dimakan inflasi,” kata dia.

Sementara itu, untuk melakukan investasi yang sudah direncanakan sesuai dengan profil risiko akan membantu mencapai tujuan secara optimal

“Berinvestasi yang terencana sesuai dengan profil risiko tentunya dapat membantu anda untuk mencapai tujuan (life goals) dengan lebih optimal. Kuncinya adalah rutin dalam berinvestasi dan tentukan jangka waktu investasinya,” imbuhnya.

Namun, yang terpenting selalu ingat bahwa #FinanciallyFit itu dimulai dari meningkatkan pemahaman dasar, memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru.

“Bank OCBC NISP selalu mendukung masyarakat untuk dapat #MelajuJauh lewat produk-produk yang kami miliki,” tutup Juky. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.