BI catat penyaluran kredit baru perbankan November 2022 mengalami peningkatan

- 19 Desember 2022 - 20:45

digitalbank.id – Bank Indonesia mencatat penyaluran kredit baru oleh perbankan pada November 2022 mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.

Hal itu, menurut Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono, tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru sebesar 58,6% pada bulan tersebut, lebih tinggi dari SBT pada bulan sebelumnya yang sebesar 32,8%.

“Faktor utama yang memengaruhi perkiraan penyaluran kredit baru tersebut yaitu permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain,” katanya, Senin (19/12).

Menurut dia, untuk keseluruhan periode kuartal IV-2022, pertumbuhan kredit baru diperkirakan meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

“Nilai SBT penyaluran kredit baru diperkirakan sebesar 89,1%, lebih tinggi dibandingkan 84,5% pada kuartal III-2022,” kata Erwin.

Lebih lanjut dia mengatakan, permintaan pembiayaan korporasi pada November 2022 terindikasi tumbuh positif. Hal tersebut tercermin dari SBT pembiayaan korporasi sebesar 13,2%.

Mayoritas sumber pembiayaan terutama dipenuhi dari dana sendiri, diikuti oleh penambahan kredit baru ke perbankan dalam negeri, pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik, dan pinjaman/utang dari perusahaan induk.

Di sisi rumah tangga, lanjut Erwin, permintaan pembiayaan baru juga terindikasi tumbuh positif pada November 2022. Mayoritas rumah tangga memilih bank umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan yang terpantau meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

“Jenis pembiayaan yang diajukan rumah tangga mayoritas berupa kredit multiguna. Adapun sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi responden untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing,” demikian Erwin. (HAN)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.