Berbekal teknologi AI dan ML, BRI akan kembangkan BRImo jadi digital financial super apps

- 27 Mei 2023 - 06:32

digitalbank.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) akan mengembangkan BRImo melalui pendekatan customer profiling dengan menggunakan teknologi artificial inteligence dan machine learning (AI/ML) untuk meningkatkan cross-selling BRI.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, dengan membekali AI dan ML, BRImo akan menjadi digital financial solution super-apps for customer.

“Ke depan, BRI akan terus menyempurnakan bahkan menambah fitur-fitur baru untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang mengedepankan pada ecosystem transaction di dalam BRImo. Kami akan terus meningkatkan fitur dan layanan pada super apps BRImo untuk memenuhi kebutuhan layanan perbankan digital masyarakat Indonesia,” ujarnya pekan ini.

Memurut dia, kenyamanan nasabah menjadi unsur penting bagi BRI. Sehingga BRI melalui BRImo bisa terus berupaya menciptakan pertumbuhan dengan inovasi yang customer centric.

“Dengan cara meningkatkan reliabilitas dan user experience, diharapkan BRImo menjadi pilihan utama dalam memenuhi segala kebutuhan transaksi finansial masyarakat,” katanya.

Menurutnya, pertumbuhan pengguna dan transaksi BRImo yang pesat tersebut tak terlepas lebih dari 100 fitur yang disematkan pada BRImo. BRImo telah terhubung dengan berbagai aggregator/biller terbaik, serta memberikan berbagai fitur unggulan yang tentunya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi.

BRImo mencatatkan volume transaksi mencapai Rp1.201 triliun dalam 4 bulan pertama tahun 2023 atau per April 2023. Jumlah ini naik 77% year-on-year (yoy) jika dibandingkan dengan posisi April 2022 sebesar Rp678,9 triliun.

Andrijanto mengatakan jumlah transaksi melesat hingga 92,1% yoy, atau mencapai 863 juta transaksi. Hal ini juga diikuti oleh penambahan jumlah user yang telah mencapai 26,27 juta user naik 55,46% yoy.

Menurutnya, capaian tersebut tidak terlepas dari upaya BRI untuk terus melakukan edukasi literasi keuangan. Sebab saat ini, tengah terjadi perubahan pola transaksi masyarakat dari sistem konvensional ke platform digital.

“Literasi digital dan kemudahan transaksi terus diberikan oleh BRI melalui super apps-nya tersebut. BRImo menghadirkan berbagai layanan digital banking yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat,” kata Andrijanto.

Ada sejumlah fitur yang disediakan oleh BRImo mulai dari basic banking transaction hingga fitur yang memudahkan nasabah untuk kebutuhan finansial. Adapun detail fitur yang dimiliki BRImo antara lain, personal financial management, pengajuan pinjaman konsumer, asuransi mikro, hingga transaksi valas.

“BRImo memiliki layanan valas di antaranya akses membuka rekening valas untuk 10 jenis mata uang pilihan, top up saldo rekening valas melalui fitur konversi valas yang menawarkan nilai exchange rate yang kompetitif, serta transfer lintas negara ke lebih dari 200 negara juga bisa dilakukan melalui fitur transfer internasional dengan beberapa opsi jalur pengiriman yang disesuaikan untuk kebutuhan nasabah,” katanya. ■

Comments are closed.