BCA Syariah dukung pengembangan ekosistem fesyen muslim

- 20 Oktober 2022 - 22:35

 

digitalbank.id – PT Bank BCA Syariah menawarkan pendanaan dan berbagai program pelatihan untuk mendukung pengembangan ekosistem keterlibatan di bidang fesyen Muslim. Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum mengatakan tren fashion muslim ke depan sangat cerah. Alasannya adalah karena semakin banyak wanita yang mengenakan hijab, dan mereka lebih sadar akan pakaian Muslim. Apalagi produk dan pasar Indonesia unik karena memiliki model yang berbeda dari pasar lain.

Menurutnya, UKM Indonesia yang bergerak di sektor busana muslim juga sangat kuat. Kita perlu mengembangkannya lebih jauh dengan memberikan materi dan pengetahuan fashion dari luar. Oleh karena itu, BCA Syariah membantu UMKM dan perusahaan fashion muslim untuk berkembang melalui pendanaan dan pelatihan yang bekerjasama dengan mitra. “Kami membantu akses keuangan. Beberapa klien kami mendanai brand-brand besar di fashion muslim,” kata Yuli, Kamis (20/10/2022).

Selain pembiayaan, kata Yuli, perusahaan juga melakukan pembinaan UMKM melalui program WEpreneur. Bekerja sama dengan mitra, BCA Syariah memberikan edukasi kepada UMKM mengenai layanan perbankan dan cara pemasaran sehingga mereka lebih siap untuk masuk ke pasar.  Program tersebut berjalan selama satu tahun. Bagi UMKM yang dinilai sudah bagus, harus dapat menularkan ilmu yang mereka miliki ke orang lain.  “Sekarang ada 15 Big Sister [peserta yang sudah matang] yang kemudian mereka harus mengembangkan lagi program ini,” kata Yuli.

Adapun tantangan dalam memajukan industri fesyen muslim ini, Yuli berpendapat adalah mencari pasar dan memasarkan produk fesyen muslim sehingga lebih bernilai.  Rata-rata fesyen Indonesia di luar negeri bagus untuk fesyen show, namun untuk kebutuhan sehari-hari belum terlalu siap untuk dipakai. “Jadi intinya harus lebih banyak belajar,” kata Yuli. Dalam pembukaan Jakarta Muslim Fashion Week 2023, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan bisnis fesyen muslim adalah bisnis yang hidup, bernilai besar dan memiliki prospek yang cerah. Bidang bisnis ini kian menarik perhatian banyak negara, bahkan negara yang penduduk muslimnya sangat sedikit.

Pada 2016-2017, pengeluaran wanita muslim global untuk fesyen mencapai US$44 miliar. Pada 2024, belanja fesyen konsumen muslim global diperkirakan mencapai US$311 miliar. Sementara itu di Indonesia, industri fesyen muslim menunjukkan perkembangan yang membahagiakan. Pada 2021, industri ini tumbuh 18,2 persen (year-on-year/yoy) dengan total konsumsi mencapai Rp300 triliun. Tidak hanya itu, ekspor fesyen muslim juga meningkat signifikan 12,5 persen yoy, mencapai US$4,6 miliar pada 2021. Wapres mengatakan menyadari peluang dan potensi yang dimiliki sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, sudah sewajarnya jika Indonesia memiliki visi menjadi pusat fesyen muslim global.  “Apalagi populasi muslim dunia akan terus bertumbuh. Pada tahun 2030, 26 persen penduduk bumi diperkirakan beragama Islam,” kata Ma’ruf.(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.