Bank Panin donasikan Rp300 miliar untuk bangun Bank Data Genomik Manusia Indonesia

- 20 Mei 2022 - 09:20

Bantuan donasi yang diberikan oleh Panin Bank untuk akselerasi teknologi dan pengetahuan genomik dan kesehatan di Indonesia, diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap kemajuan dan pengembangan penelitian serta pelayanan kesehatan di Indonesia.

digitalbank.id – PT Bank Panin Tbk (Panin Bank) berupaya mendorong akselerasi teknologi, pengetahuan genomik, dan kesehatan di Indonesia. Dalam kerja sama yang difasilitasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Kesehatan ini, Panin Bank mendonasikan dana sebesar Rp 300 miliar melalui Yayasan Satria Budi Dharma Setia.

Dana tersebut antara lain akan digunakan untuk pembangunan Bank Data Genomik Manusia Indonesia (Indonesian Human Genomic Data Bank) pertama di Indonesia, melalui peralatan pengurutan gen kapasitas tinggi (high throughput genome sequencing).

Presiden Direktur Panin Bank Herwidayatmo mengatakan Panin Bank yang sudah lebih dari 50 tahun diberi kesempatan melayani masyarakat Indonesia berkeinginan untuk dapat turut berpartisipasi mendukung Pemerintah Republik Indonesia menghadapi tugas berat di bidang kesehatan, melalui donasi dana sebesar Rp300 miliar.

“Panin Bank berharap agar dana tersebut dapat digunakan untuk melakukan berbagai penelitian dan kolaborasi antar peneliti di Indonesia, untuk dapat menurunkan resiko terhadap penyakit-penyakit yang menjadi beban kesehatan masyarakat Indonesia,” jelas dia dalam siaran pers, Kamis (19/5).

Panin Bank dikenal sebagai bank yang sangat aktif dalam mendukung penanggulangan masalah kesehatan dan pelestarian lingkungan sebagai bagian dari corporate social responsibility (CSR). Di setiap kantor cabang, Panin Bank menyediakan green officer terlatih yang siap membantu dan mengedukasi masyarakat dalam penanaman pohon trembesi.

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya atas donasi yang diberikan oleh Panin Bank melalui Yayasan Satria Budi Dharma Setia.

“Bantuan yang diberikan langsung oleh Panin Bank merupakan wujud nyata kerja sama seluruh pihak untuk memperbaiki sistem kesehatan dan juga bidang-bidang penelitiannya. Sumbangan yang secara khusus diberikan untuk mempercepat teknologi dan pengetahuan genomik di Indonesia merupakan langkah maju dan hebat dari semua pihak. Pengembangan teknologi dan pengetahuan berbasis genomik tentunya berdampak besar pada pelayanan kesehatan, tidak hanya terbatas pada penyakit infeksi seperti Covid-19 nantinya,” jelas dia.

Pada kesempatan itu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin juga menyampaikan bahwa dalam penerapan teknologi genomik di Indonesia tidak dapat dilakukan hanya dari sisi pemerintah, namun juga diperlukan upaya bersama dan partisipasi aktif dari setiap pemangku kepentingan terkait, termasuk di dalamnya rumah sakit, universitas, lembaga penelitian, industri, think tank, dan lembaga penelitian kebijakan publik.

“Adanya bantuan donasi yang diberikan oleh Panin Bank untuk akselerasi teknologi dan pengetahuan genomik dan kesehatan di Indonesia, diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap kemajuan dan pengembangan penelitian serta pelayanan kesehatan di Indonesia,” jelas dia.

Ketua Yayasan Satriabudi Dharma Setia Vincentius S Budhyanto menjelaskan, donasi tersebut akan menjadi titik awal untuk lompatan Indonesia dalam mendorong kemajuan teknologi dan pengetahuan genomik dan kesehatan di Indonesia. Dalam 5 tahun ke depan, Yayasan Satriabudi Dharma Setia akan terus melakukan pengumpulan dana untuk inisiatif ini untuk dapat mengembangkan data bank genomik lebih lanjut untuk tujuan penelitiaan.

“Pengembangan ini akan membutuhkan dana yang cukup besar, akan tetapi manfaat yang dapat diperoleh dapat jauh lebih tinggi lagi, terutama untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” katanya. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.