Bank KB Bukopin raih peringkat tertinggi Fitch Ratings

- 18 Mei 2023 - 22:17

digitalbank.id – Lembaga pemeringkat kredit internasional, Fitch Ratings Indonesia, memberikan peringkat nasional jangka panjang kepada PT Bank KB Bukopin, Tbk (BBKP) di ‘AAA(idn)’ dengan Outlook Stabil.

Wakil Direktur Utama KB Bukopin Robby Mondong mengatakan peringkat Nasional ‘AAA(idn)’ menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan lembaga tersebut dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut.

“Kami menyambut positif atas peringkat nasional tertinggi dari Fitch Ratings untuk KB Bukopin. Yentunya kami berharap hal ini akan semakin meningkatkan kepercayaaan nasabah dan seluruh pemangku kepentingan untuk bermitra dengan KB Bukopin sekaligus mendorong kami untuk lebih meningkatkan kinerja pada masa yang akan datang,” ujarnya, Kamis (18/5).

Menurut dia, KB Bukopin sedang mengoptimalkan produk dan layanan perbankan dengan menerapkan New Generation Banking System (NGBS) dan revitalisasi jaringan outlet di seluruh Indonesia sehingga diharapkan bisnis inti serta produk dan layanan bank menjadi lebih customer oriented, digital dan efisien.

Sebagai informasi, kinerja Bank KB Bukopin mengalami peningkatan signifikan. Hal ini terlihat dari laporan keuangan kuartal I tahun 2023, dimana menunjukkan pendapatan bunga naik 23,5% menjadi Rp1,1 triliun, Non-Performing Loan (NPL) Gross berhasil ditekan hingga 48,6% YoY, dari Rp6,1 triliun di kuartal I-2022 menjadi Rp3,2 triliun di kuartal I-2023.

Peringkat ini diberikan kepada emiten atau surat utang dengan ekspektasi risiko gagal bayar terendah relatif terhadap semua emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama. ■

Comments are closed.