Bank Indonesia terbitkan tujuh uang kertas baru, inovatif dan sulit dipalsukan?

- 18 Agustus 2022 - 14:53

digitalbank.id – BANK Indonesia (BI) meluncurkan tujuh uang kertas baru pada Kamis (18 Agustus 2022) dengan denominasi mulai dari 1.000 hingga 100.000 rupiah.

Uang kertas rupiah baru ini menampilkan wajah delapan pahlawan nasional antara lain: Soekarno Hatta, Mohammad Hatta, Juanda Kartawijaya, G S S J Ratulangi dan Dr. Frans Caixepo. KH Idam Chalid, Mohammad Husni Thamrin dan Cut Meutiah.

Delapan lembar uang kertas yang diperkenalkan hari ini resmi digunakan sebagai alat pembayaran di seluruh Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan uang kertas lama, uang kertas tahun 2022 masih mempertahankan gambar utama pahlawan nasional di sisi depan, serta catatan tahun penerbitan di belakang. 

Kemudian disematkan juga tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang seperti halnya uang tahun emisi 2016.

Ciri kedua, penyempurnaan uang kertas 2022 memiliki tiga aspek inovatif. Uang kertas baru ini memiliki desain warna yang lebih tajam, elemen keamanan yang lebih andal, dan ketahanan yang lebih baik terhadap bahan mata uang.

Dengan sejumlah inovasi tersebut, BI yakin uang rupiah yang baru ini pun disebut akan lebih sulit untuk dipalsukan.(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.