Bank Commonwealth jadi mitra distribusi Sukuk Tabungan seri ST010

- 22 Mei 2023 - 18:30

digitalbank.id – BANK Commonwealth melalui aplikasi CommBank SmartWealth terpilih oleh Kementerian Keuangan sebagai mitra distribusi produk investasi syariah, Sukuk Tabungan (ST) seri ST010 yang masa penawarannya dimulai pada 12 Mei 2023 di pasar perdana domestik.

ST010 memiliki imbalan yang mengambang dengan imbalan minimal (floating wth floor) dan mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate, yang artinya besaran imbalan ST010 akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali. Produk investasi ini diterbitkan dengan dua jenis tenor, yaitu ST010T2 dengan tenor dua tahun dan imbal hasil minimum 6,25% per tahun serta ST010T4 (green sukuk) dengan tenor empat tahun dan imbal hasil minimum 6,40% per tahun.

Dikutip dari situs Kementerian Keuangan, melalui penerbitan ST010 pemerintah akan membiayai proyek ramah lingkungan di dua sektor yakni transportasi berkelanjutan dan ketahanan terhadap perubahan iklim. Hal ini diharapkan dapat memitigasi dampak perubahan iklim dan adaptasi atas perubahan iklim yang telah terjadi.

Menurut Head of Investment Business Bank Commonwealth Daniel Arifin, keunggulan berinvestasi pada ST010 antara lain aman karena dijamin 100% oleh negara, terjangkau karena dapat dimulai dari Rp1 juta, tingkat imbalan kompetitif karena pada saat ditawarkan di pasar perdana imbalan yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito, dan investasi dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi CommBank SmartWealth.

“Dengan imbal hasil tinggi hingga 6,40%  per tahun dan risikonya yang relatif rendah karena pokok dan imbalan dijamin oleh negara, kami melihat animo investor akan tetap tinggi untuk seri ST010 ini. Selain karena berbasis syariah dan memiliki imbal hasil yang menarik, ST010 juga berbasis green sukuk, sehingga selain berinvestasi, investor juga sekaligus mendukung pembangunan nasional, di mana hasil peluncuran akan digunakan untuk membiayai proyek ramah lingkungan,” jelas Daniel.

Kemudian, berbeda dengan penerbitan Sukuk Tabungan sebelumnya yaitu ST009, ST010 kali ini juga menawarkan dua pilihan tenor yang lebih fleksibel yaitu dua tahun dan empat tahun. Pilihan tenor ini akan memberikan fleksibilitas lebih bagi investor dalam menyesuaikan dengan tujuan finansial masing-masing.

“Kami sangat optimis dapat mencapai target penjualan hingga akhir masa penawaran, yaitu tumbuh 50% dari seri sebelumnya,” ujar Daniel. Sejauh ini komposisi penjualan ST010 berimbang antara tenor dua tahun dan empat tahun.

Agar semakin menarik minat investor, Bank Commonwealth menawarkan program cashback hingga Rp30 juta untuk nasabah yang membeli ST010 menggunakan CommBank SmartWealth, di mana selain ST010 nasabah juga dapat bertransaksi di mana saja dengan praktis dan nyaman untuk produk reksa dana serta obligasi pemerintah pasar sekunder. ■

Comments are closed.