Bank Commonwealth, Amar Bank, KB Bukopin dan J Trust telah terkoneksi dengan BI-Fast

- 29 Maret 2023 - 05:17

digitalbank.id – PT Rintis Sejahtera kembali mengkoneksikan empat bank ke dalam layanan BI-Fast melalui Multi-tenancy Infrastruktur Sharing. Keempat bank peserta BI-Fast tersebut adalah Bank Commonwealth, Amar Bank, Bank KB Bukopin Syariah, dan J Trust Bank.

Direktur Marketing Rintis Sejahtera Suryono Hidayat mengatakan dengan bergabungnya keempat bank mitra jaringan PRIMA tersebut ke dalam layanan BI-Fast tahap VI ini, secara otomatis menambah jumlah peserta BI-Fast yang hingga tahap V lalu berjumlah 106 peserta.

“Rintis berkomitmen mendukung program-program Bank Indonesia (BI) dan berupaya menciptakan sinergi berkelanjutan, utamanya dalam percepatan implementasi BI-Fast,” katanya di Jakarta, pekan ini.

Menurut dia, saat ini Rintis Sejahtera juga tengah melakukan persiapan untuk layanan BI-Fast Fase 1 Tahap 2. “Proses percepatan tersebut dilakukan oleh Rintis agar selaras dengan jadwal Bank Indonesia yang menargetkan implementasinya dapat terwujud pada Semester I tahun 2023.”

Sementara itu Senior Executive Vice President J Trust Bank Saptono A Irawan mengatakan, bergabungnya J Trust Bank ke dalam layanan BI-Fast melalui infrastruktur yang disiapkan Rintis merupakan wujud kontribusi perseroan dalam percepatan digitalisasi sistem keuangan nasional.

“Dengan demikian diharapkan sistem pembayaran ritel yang Cemumuah (cepat, mudah, murah, aman, andal) dan bisa dilakukan kapan saja 24/7, dapat dinikmati oleh nasabah setia kami,” kata dia.

Sedangkan Direktur Retail dan SME PT Bank Commonwealth, Sukarman Omar mengatakan Bank Commonwealth merasa bangga menjadi bagian dari peluncuran layanan BI Fast tahap VI.

“Kami berharap layanan ini bisa memberikan akses sistem pembayaran yang lebih cepat dan luas bagi nasabah kami. Kami juga sangat senang dengan solusi multitenancy yang disediakan oleh Rintis, karena dengan solusi ini, Bank Commonwealth dapat meluncurkan layanan BI Fast secara lebih cepat dan efisien,” kata Omar.

Direktur Utama Bank KB Bukopin Syariah Koko Tjatur Rachmadi mengatakan, perseroan siap mendorong dan berkolaborasi dengan bank dan nonbank lain untuk mendukung akselerasi digital, salah satunya melalui BI-Fast yang diinisiasi BI.

“Sehingga keberadaan bank syariah memiliki nilai lebih dari sisi perbankan, percepatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui kolaborasi perbankan serta mendorong masyarakat untuk mulai digital savvy dalam bertransaksi,” katanya.

Konsep multi-tenancy infrastruktur sharing milik Rintis Sejahtera menjadi solusi bagi bank dan nonbank dalam mengimplementasikan layanan BI-Fast sesuai dengan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI 2025). Selain itu, layanan ini dapat memberikan efisiensi layanan pembayaran digital dan service level yang tinggi bagi bank dan nonbank di industri sistem pembayaran. ■

Comments are closed.