Bank BRI sebagai sponsor utama Liga 1 kutuk tragedi yang terjadi di stadion Kanjuruhan Malang

- 2 Oktober 2022 - 21:11

 

digitalbank.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) atau BRI, sponsor utama kompetisi Liga 1, secara khusus mengutuk segala bentuk kekerasan selama pertandingan olahraga antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Hingga berita ini diturunkan, 127 orang dilaporkan meninggal dunia dan 180 orang dirawat akibat tragedi di Stadion Kanjurhan Malang. Dari 127 korban tewas, dua di antaranya adalah anggota Polri. Sejak itu, hingga 34 orang dilaporkan meninggal di stadion Kanjurhan di provinsi Malang, dengan sisanya meninggal saat menerima bantuan di sejumlah rumah sakit setempat.

Beberapa fasilitas di stadion berkapasitas 46.000 orang itu juga rusak. Keributan bermula dari hasil akhir pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dimana Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya. Beberapa penggemar Aremania kecewa dan turun ke lapangan.

Polisi kemudian menembakkan gas air mata yang membuat para pendukung pingsan dan sulit bernapas. “Kami atas nama keluarga besar BRI mengucapkan turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas tewasnya sejumlah suporter Arema FC dan anggota polisi dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu, 1 Oktober 2022,” kata Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto dalam keterangan tertulis, Minggu (2/10/2022).

Bank pelat merah bersandi saham BBRI itu berharap agar insiden ini dapat menjadi pembelajaran semua pihak dan dilakukan evaluasi menyeluruh, khususnya kepada pihak-pihak terkait agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. “Sebagai sponsor utama BRI Liga 1 kami berharap liga sepak bola kasta tertinggi Tanah Air ini dapat terselenggara dengan baik dengan menjunjung tinggi sportivitas dari semua pihak, dan kami berharap agar sepak bola dapat terus menjadi olahraga pemersatu bangsa,” ujarnya.

Aestika menyampaikan bahwa partisipasi BRI terhadap BRI Liga 1 adalah bentuk dukungan untuk kemajuan sepak bola nasional dan untuk mendorong geliat perekonomian di tengah kondisi yang masih menantang. “BRI sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kami mengutuk keras segala bentuk kekerasan, khususnya dalam kegiatan pertandingan olah raga ataupun dalam kegiatan lainnya,” imbuhnya.

Ke depan, BBRI berharap agar penerapan protokol keamanan, koordinasi, hingga komunikasi dapat dilakukan dengan lebih baik lagi, khususnya dalam penyelenggaraan kegiatan pertandingan olah raga sepak bola.(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.