Bank BRI resmikan BRILian Tower bersamaan hari jadi ke-77 RI

- 17 Agustus 2022 - 20:49

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. meresmikan gedung baru bernama BRILian Tower sekaligus memperingati HUT ke-77 RI (17 Agustus).

digitalbank.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. meresmikan gedung baru bernama BRILian Tower dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI (17 Agustus). Green concept building dan smart building ini dibangun di atas lahan seluas 8.200 meter persegi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Presiden direktur BRI Sunarso menjelaskan bahwa konsep green & smart building BRILian Tower sejalan dengan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan praktik lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) di seluruh operasionalnya.

Selanjutnya, konsep pengembangan tersebut sesuai dengan strategi bisnis bank berkode saham BBRI menuju pertumbuhan yang berkelanjutan. “Strategi ini merupakan bagian dari transformasi berkelanjutan BRI Group berdasarkan cetak biru BRIVolution 2.0,” kata Sunarso dalam keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

Dikatakannya BRILian Tower telah mendapatkan Sertifikasi Green Building Kategori Emas dari Indonesia Green Building Council (GBCI). Akibatnya, siklus hidup dari perencanaan hingga renovasi memiliki efek positif pada iklim dan lingkungan.

Beberapa aspek yang menonjol dalam penerapan bangunan hijau adalah penerapan 1.356 m2 atau 11,05 persen dari total luas bangunan RTH, efisiensi sumber daya melalui teknologi terbarukan dan konsep zero run-off dalam aspek alam, perlindungan dan pengelolaan air hujan.

Sementara itu, penggunaan kembali dan daur ulang bahan menghemat 19,29% konsumsi listrik dibandingkan desain tradisional, dan pengelolaan lingkungan bangunan lebih baik. BRILian Tower
juga mewujudkan konsep cerdas dengan menerapkan teknologi dan digitalisasi di berbagai aspek. Misalnya, integrasi dengan IBMS (Integrated Building Management System) memungkinkan pemantauan terpusat dari semua subsistem yang relevan.

Juga memiliki sistem alarm kebakaran, integrasi sistem parkir dengan kontrol akses, sistem pembayaran, integrasi sistem dengan infrastruktur serat optik, dan sistem telepon berbasis Internet Protocol (IP). BRILian Tower telah dibangun sejak 20 Desember 2018 dan diharapkan selesai pada Juni 2021. Gedung 37 lantai ini, berfungsi sebagai tempat kerja dan operasional layanan kantor cabang BRI Group.(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.