Bank BRI gandeng Broom untuk bidik industri otomotif nasional

- 27 Juni 2022 - 14:15

digitalbank.id – BANK-bank masuk ke pembiayaan industri otomotif mungkin sudah banyak dilakukan. Namun yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) berbeda.

Bank pelat merah berkode saham BBRI ini mulai membidik industri otomotif nasional lewat kerja sama dengan Broom, perusahaan rintisan atau startup ekosistem otomotif di Indonesia. Ruang lingkup kerja sama meliputi layanan showroom mobil bekas, diler motor baru dan bekas, jaringan bengkel, jaringan agen otomotif, serta jaringan rental otomotif.

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, BRI akan terus menjangkau para pelaku usaha otomotif secara lebih luas, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. “Dengan didukung digitalisasi yang kuat dan kolaborasi bersama Broom, perseroan optimistis dapat memberdayakan lebih banyak usaha mikro, kecil dan menengah [UMKM] di Tanah Air,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip pada Senin (27/6/2022).

Menurutnya, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, industri otomotif nasional kembali menunjukkan geliat pertumbuhan. Selain itu, kata Amam, industri ini juga mampu menyerap tenaga kerja yang cukup tinggi, yakni sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang mata rantai industri otomotif.

Pungky Wibawa selaku Co-Founder Broom menambahkan kerja sama dengan BRI Group akan berdampak besar bagi perusahaannya dalam memperluas layanan kepada showroom mobil. “Ini menjadi kekuatan baru untuk memperluas lini usaha pada jaringan bengkel dan dealer motor di Indonesia,” ungkapnya.

Hal ini juga tidak terlepas dengan luasnya jaringan BRI Group di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Sebagai informasi, Broom merupakan perusahaan startup atau rintisan yang berfokus dalam pengembangan ekosistem otomotif di Indonesia dengan berbagai fitur dan layanan, mulai dari digitalisasi proses bisnis, lokapasar, penawaran mobil daring, hingga pembelian unit. Saat ini, Broom telah memiliki lebih dari 2.000 showroom mobil bekas yang teregistrasi di Jabodetabek. Broom berfokus menciptakan solusi menyeluruh end-to-end untuk menyelesaikan permasalahan industri bisnis otomotif di Indonesia dalam koridor digital.(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.