transcosmos Indonesia luncurkan Translingo SMART, layanan chat multibahasa didukung AI

- 23 Oktober 2024 - 10:43

Perusahaan layanan bisnis digital dan customer experience, transcosmos Indonesia (TCID) memperkenalkan Translingo SMART, sebuah solusi inovatif untuk layanan pelanggan multibahasa berbasis Generative AI (Gen AI) yang dikembangkan oleh transcosmos Japan. Solusi ini dilokalisasi untuk pasar Indonesia, untuk membantu perusahaan yang ingin masuk ke pasar global. Selain itu, layanan ini juga memungkinkan SDM lokal untuk bersaing dengan talenta global.

Translingo SMART adalah layanan chat multibahasa real-time yang menggunakan teknologi Gen AI untuk menerjemahkan percakapan secara otomatis antara pelanggan dan agen layanan pelanggan. Layanan ini memungkinkan agen contact center yang memiliki keterbatasan dalam Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya untuk berinteraksi dengan pelanggan dalam 15 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Korea, dan Mandarin. Dengan Translingo SMART, perusahaan tidak lagi harus bergantung pada agen yang mampu berbahasa asing selain bahasa Inggris, sehingga memperluas akses dan meningkatkan efisiensi layanan.

Vice President Director TCID Ardi Sudarto, mengatakan, “Translingo SMART adalah solusi TCID untuk terus berinovasi dan memanfaatkan potensi AI guna mewujudkan efisiensi operasional dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Kami percaya bahwa AI tidak hanya dapat membuat operasional lebih efisien, tetapi juga membuka jalan bagi SDM lokal untuk dapat bersaing dengan talenta global.”

Dengan Translingo SMART, perusahaan dapat mengurangi kebutuhan akan agen yang multilingual, sekaligus menyederhanakan operasi layanan pelanggan dan menekan biaya operasional.

General Manager CX Solution TCID, Dimas Saputra, menambahkan, “Translingo SMART memanfaatkan teknologi dalam bidang Natural Language Processing (NLP) dan machine learning berbasis Generative AI, yang memungkinkan penerjemahan real-time dengan akurasi tinggi. Alur kerja dari Translingo SMART sederhana namun efektif. Ketika pelanggan mengirim pesan dalam bahasa lokal, tools ini otomatis menerjemahkannya ke dalam bahasa yang dipahami oleh agen, begitu pun sebaliknya.”

TCID berkomitmen untuk terus memberikan solusi yang relevan bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Fokus ini diwujudkan melalui penyediaan teknologi terdepan seperti Translingo SMART, yang dirancang untuk mendukung kebutuhan perusahaan dalam menghadapi tantangan operasional dan memperkuat keunggulan kompetitif. Translingo SMART diluncurkan pertama kali untuk kawasan Asia Tenggara, dan akan menyusul untuk pasar Jepang, China, Korea Selatan, dan Eropa.

Ke depan, transcosmos Indonesia berencana untuk terus berinvestasi dalam pengembangan teknologi Generative AI, serta menambahkan dukungan bahasa baru untuk memperluas cakupan solusi Translingo SMART di berbagai industri dan wilayah.

“Dengan teknologi seperti Translingo SMART, TCID siap menjadi mitra strategis bagi perusahaan-perusahaan yang ingin memperluas bisnisnya, mengurangi biaya operasional, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan efisien. Kami akan terus mengembangkan solusi AI inovatif guna membantu perusahaan menghadapi tantangan bisnis di masa depan,” tutup Ardi.

transcosmos Indonesia merupakan penyedia layanan customer experience dan digital bisnis yang merupakan anak perusahaan dari transcosmos Inc., perusahaan yang berpusat di Jepang dan berdiri sejak tahun 1966. transcosmos Indonesia menghadirkan layanan terpadu untuk mendukung berbagai aspek bisnis klien, termasuk teknologi CX. Untuk info lebih lengkap, kunjungi website transcosmos Indonesia, Instagram transcosmos Indonesia, dan Linkedin transcosmos Indonesia. ■

Comments are closed.