Sinergi dengan KAI, Bank Mandiri hadirkan solusi digital sektor transportasi

- 2 Oktober 2024 - 16:36

Bank Mandiri terus memperkuat sinergi bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Group dalam memperluas ekosistem digital dengan menghadirkan layanan yang adaptif dan solutif bagi masyarakat. Langkah strategis ini diwujudkan melalui kerja sama kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut demi mendorong solusi perbankan digital yang terintegrasi di sektor transportasi.

Kerja sama kedua perusahaan plat merah ini mencakup berbagai layanan dan produk perbankan, termasuk penggunaan teknologi Near Field Communication (NFC) untuk sistem pembayaran tiket KRL dan LRT. Dengan fitur Livin’ by Mandiri, penumpang dapat menikmati kemudahan pembayaran melalui fitur NFC di KRL dan LRT yang terintegrasi langsung dengan layanan Bank Mandiri.

Selain itu, Bank Mandiri juga memperkenalkan solusi pembayaran berbasis QRIS di stasiun dan vending machine yang tersebar di seluruh jaringan KAI.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Riduan mengatakan kerja sama ini merupakan langkah strategis yang sejalan dengan visi Bank Mandiri untuk mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia, khususnya di sektor transportasi.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan dukungan finansial dan layanan perbankan yang terbaik, serta memfasilitasi pertumbuhan dan kesuksesan Kereta Api Group dalam mencapai tujuan dan visi Perusahaan Menjadi Solusi Ekosistem Transportasi Terbaik untuk Indonesia,” ujarnya, Selasa (1/10).

Riduan menyatakan, interkoneksi ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan lebih cepat dan mudah melalui super app Livin’ by Mandiri. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan volume transaksi ritel di sektor transportasi.

Solusi pembayaran yang lebih mudah dan terintegrasi melalui Livin’ by Mandiri dan QRIS di seluruh ekosistem KAI diperkirakan akan menarik lebih banyak pengguna transportasi umum untuk beralih ke pembayaran digital.

“Kolaborasi ini adalah bagian dari strategi kami untuk terus menggali potensi bisnis di berbagai ekosistem, khususnya di sektor transportasi yang menjadi salah satu pilar utama dalam pembangunan ekonomi nasional. Kami percaya, melalui inovasi digital yang Adaptif dan Solutif, kami dapat memberikan nilai tambah bagi percepatan ekonomi digital Indonesia,” ucap Riduan.

Tak hanya itu, Bank Mandiri juga memperluas layanan top-up saldo Kartu Multi Trip (KMT) melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Dengan fitur ini, pengguna transportasi umum akan semakin mudah dan praktis dalam mengisi saldo KMT.

Selain mendukung transaksi ritel, kerja sama Bank Mandiri juga mencakup solusi keuangan lainnya, seperti penawaran layanan payroll untuk karyawan KAI Group dan berbagai benefit yang termasuk dalam paket Employee Package Benefit.

Layanan ini memungkinkan karyawan KAI untuk menikmati berbagai kemudahan dalam pengelolaan keuangan pribadi, mulai dari layanan perbankan hingga fasilitas pinjaman dengan suku bunga kompetitif.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyampaikan kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan efisiensi operasional KAI. Menurutnya, Bank Mandiri merupakan mitra strategis yang dapat mendukung berbagai kebutuhan operasional dan pengembangan KAI Group.

“Layanan perbankan digital dari Bank Mandiri akan sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan kepada pelanggan dan mempercepat digitalisasi di lingkungan KAI,” ungkap Didiek.

Didiek menyebut kerja sama ini menjadi salah satu wujud nyata sinergi BUMN dalam menciptakan ekosistem digital yang lebih kuat dan terintegrasi di Indonesia. “Dengan berbagai inovasi dan layanan perbankan digital yang ditawarkan, Bank Mandiri dan KAI Group siap membawa sektor transportasi ke era baru yang lebih modern, efisien, dan berkelanjutan,” pungkas Didiek. ■

Comments are closed.