Salurkan pembiayaan water treatment plant, Hibank dukung green financing

- 30 Juli 2024 - 15:33

PT Bank Hibank Indonesia bekerja sama dengan PT Bintang Mahameru Sejahtera, PT NBF Tirta Sejahtera dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) memberikan pembiayaan untuk pembangunan Water Treatment Plant (WTP) di wilayah Kabupaten Bekasi.

Direktur Utama Hibank Jenny Wiriyanto mengatakan kerja sama tersebut merupakan bagian dari komitmen Hibank dalam pembiayaan hijau (green financing).

“Hibankcberkomitmen untuk mendukung keuangan berkelanjutan dengan menerapkan parktik environmental, social and governance (ESG) dalam bisnis dan operasionalnya,” katanya, Selasa (30/7).

Nota kesepahaman (MoU) pembiayaan Water Treatment Plant tersebut telah diteken pada 29 Juli 2024 lalu. Proyek tersebut bertujuan untuk menyediakan akses air bersih bagi masyarakat yang tinggal di daerah Bekasi.

Lebih lanjut Jenny mengatakan, pihaknya mengambil langkah nyata dalam menjalankan praktik keuangan berkelanjutan dengan menyusun Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RKAB) yang berfokus pada sustainable banking.

Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah pembiayaan proyek-proyek ramah lingkungan, termasuk proyek Water Treatment Plant. hibank juga aktif mendukung program pemerintah dan berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kami sangat antusias dapat mendukung proyek green financing ini. Pembiayaan ini membuktikan bahwa Hibank mendukung pemerintah menuju Net Zero Emission pada Tahun 2060 dan Indonesia Emas Tahun 2045 ,” kata Jenny.

Adapun proyek fasilitas pengelolaan air bersih di Bekasi tersebut dirancang untuk dapat meningkatkan kualitas air bersih dengan mengubah air kotor menjadi air bersih yang layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Saipul Anwar selaku Direktur Utama PT NBF Tirta Sejahtera dan PT Bintang Mahameru Sejahtera mengatakan WTP menggunakan teknologi terkini untuk memurnikan air sehingga dapat dipastikan air yang dihasilkan aman dan sesuai dengan standar kualitas air minum.

“Program Pembiayaan green financing ini membantu kami untuk mewujudkan pembangunan WTP yang efisien dan berkelanjutan, serta berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat” ujarnya.■

Comments are closed.