KATA LOGO berasal dari bahasa Yunani, yakni logos, yang berarti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi. Pada awalnya yang lebih dulu populer adalah logotype, bukan logo. Logo pertama kali muncul pada masa Yunani kuno. Awal mula logo sangatlah sederhana, hanya berupa satu kode yang terdiri dari satu huruf atau lebih yang digabungkan untuk membentuk inisial, nama atau nama depan dari seseorang.
Rancangan awal dari logo mulai diciptakan awal 1900-an. Perkembangannya sejalan dengan ditemukannya teknologi cetak masal. Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
Logo yang baik itu mudah diingat (memorable). Sebuah logo yang mudah diingat akan sangat membantu meningkatkan citra perusahaan dan brand awareness dari perusahaan tersebut.
Logo Deutsche Bank yang terlihat super minimalis, bisa jadi adalah salah satu logo bank terbaik di dunia. Tak seperti kebanyakan bank di Indonesia yang acapkali berganti logo, bahkan dalam rentang waktu yang terlalu cepat, Deutsche Bank hingga kini tetap mempertahankan logonya yang telah berusia 50 tahun atau setengah abad.
Iklan Deutsche Bank pertama yang menampilkan logo baru ini muncul pada tanggal 25 April 1974. Lima puluh tahun kemudian, logo tersebut terus membentuk kehadiran merek global bank tersebut.
Pada tahun 1972, dari situs resmi bank diceritakan, Deutsche Bank mengundang delapan studio desain grafis ternama internasional untuk mengikuti kompetisi mendesain logo baru. Sebanyak 140 desain berbeda telah dikirimkan dan logo pemenangnya adalah guratan miring ke atas di dalam kotak yang dibuat oleh seniman dan desainer grafis yang berbasis di Stuttgart, Anton Stankowski.
Iklan Deutsche Bank pertama dengan logo baru: “Ja! Ihr Wegweiser zum modernen Geld- und Kreditverkehr” (Ya! Menunjukkan jalan menuju transaksi uang dan kredit modern)
Pihak bank memperkenalkan logo baru tersebut kepada publik untuk pertama kalinya pada konferensi media tahunannya pada tanggal 2 April 1974 dan beberapa minggu kemudian, pada tanggal 25 April 1974, logo tersebut muncul dalam sebuah iklan di Frankfurter Allgemeine Zeitung.
Bermain dengan ide logo yang terlihat seperti plang, iklan tersebut menampilkan logo kepada dunia dengan tagline: “This way for modern banking”. Ya! Visi menjadi bank modern kelas global sudah ditanamkan Deutsche Bank di awal 1970-an.
Tim Alexander, Chief Marketing Officer dan Chief Experience Officer di Deutsche Bank mengatakan, logo Deutsche Bank melambangkan pertumbuhan dinamis dalam lingkungan yang stabil – garis miring melambangkan pertumbuhan dan bingkai berbentuk persegi melambangkan keamanan dan stabilitas.
“Konsep di balik logo ini mungkin akan berusia 50 tahun, namun dalam lanskap global yang kompleks dan bergejolak, stabilitas dan ketahanan inilah yang dicari klien kami,” katanya.
Bahkan, demikian Tim, bertahannya logo ini sampai usia 50 tahun juga mencerminkan adanya trust yang tinggi terhadap bank. “Bukan hanya layanan kami tetapi juga merek kami yang harus menyampaikan kepada klien kami di seluruh dunia keamanan yang kami tawarkan kepada mereka sebagai Global Hausbank mereka.”
Logo ini menarik perhatian dengan desainnya yang mudah dikenali, tahan lama, dan bersih, sehingga membentuk identitas Deutsche Bank. Warna biru melambangkan kepercayaan. Sudut tebasnya 53 derajat. Ujung balok miring sejajar dengan sudut dalam persegi di kanan atas dan kiri bawah.
Pencipta logo, Anton Stankowski, yang meninggal pada tahun 1998, menggambarkan logo Deutsche Bank sebagai berikut:
“Motif visual adalah polaritas antara dasar yang kokoh dan dinamisme yang berorientasi pada masa depan. Diagonal yang terhuyung-huyung tampak simetris tetapi sebenarnya asimetris. Garis miring ke depan disusun sedemikian rupa sehingga tidak membagi persegi secara diagonal. Itulah yang istimewa darinya. Nilai perhatian dari pengaturan grafis terletak pada perubahan visual yang tidak terduga ini,” demikian Stankowski.
Anton Stankowski menciptakan banyak logo selama hidupnya dan dianggap sebagai pionir modern dalam desain grafis. Banyak simbol ikonografi yang dikembangkannya tidak kehilangan kekuatan visualnya hingga saat ini.
Dia tidak hanya menciptakan gambar dan desain yang berkesan sebagai seniman komersial tetapi juga sebagai fotografer, pelukis, ilustrator, dan seniman grafis. Ia selalu mengatakan seni dan desain memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Logo Deutsche Bank bisa merupakan logonya yang paling terkenal di seluruh dunia.
Ketika bank ini didirikan pada tahun 1870, tidak ada logo sama sekali. Bahkan nama perusahaan Deutsche Bank akan muncul dalam font berbeda dalam satu dokumen. Baru pada pergantian abad bank tersebut memperkenalkan “elang kekaisaran” dengan inisial DB.
Sangat mirip dengan elang Prusia dan Jerman, orang sering mengira Deutsche Bank adalah lembaga negara. Pada tahun 1937, bank mulai menggunakan huruf DB sebagai logonya, sering kali sejajar dengan elang.
Iklan merek terbesar di atap Deutsche Bank Park
Deutsche Bank memasang iklan merek terbesarnya di seluruh dunia pada tahun 2020 di atap kandang klub Bundesliga Jerman Eintracht Frankfurt, di Deutsche Bank Park. Terdiri dari kata Deutsche Bank dan logo, tulisan Deutsche Bank Park memiliki panjang 73 meter dan huruf tiga dimensi tersebut diterangi lebih dari 25.000 LED. Huruf terbesarnya tingginya 5 meter dan logonya berukuran 8,46 meter, kira-kira setinggi rumah dua lantai.
Deutsche Bank menyediakan produk dan layanan perbankan komersial dan investasi, perbankan ritel, perbankan transaksi, serta manajemen aset dan kekayaan kepada perusahaan, pemerintah, investor institusi, usaha kecil dan menengah, serta perorangan. Deutsche Bank adalah bank terkemuka di Jerman, dengan posisi kuat di Eropa dan kehadiran signifikan di Amerika dan Asia Pasifik. ■
Foto: Bloomberg