digitalbank.id – Mastercard mengumumkan telah mengumpulkan Rp1,5 miliar melalui kampanye amal bertajuk ‘Mastercard untuk Anak Negeri’ yang diselenggarakan melalui kerja sama dengan Grab dan BenihBaik.com.
Aileen Goh, President Director, PT Mastercard Indonesia, mengatakan, Mastercard berkomitmen pada filosofi Doing Well by Doing Good, serta pada dampak positif dalam membantu komunitas lokal untuk membentuk dunia yang lebih adil dan sejahtera. Pendidikan adalah fondasi bagi terciptanya ekonomi yang inklusif dan lebih kuat.
“Oleh karena itu, melalui kampanye ‘Mastercard untuk Anak Negeri’, kami berharap untuk memberikan kesempatan yang sama kepada pada pelajar untuk mengembangkan potensi mereka sepenuhnya. Terima kasih kepada seluruh pemegang kartu Mastercard yang telah berpartisipasi dalam kampanye ini sehingga donasi yang terkumpul mencapai Rp1,5 miliar dan membuat dampak berarti bagi kehidupan kehidupan anak-anak ini,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Jumat (22/9).
Baca juga: Mastercard dan Bank Mandiri luncurkan kartu kredit virtual SKYZ di aplikasi Livin’ by Mandiri
Menurut dia, selama lebih dari tiga dekade, Mastercard berkesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai sektor publik dan swasta di Indonesia, didasari oleh perannya dalam ekosistem pembayaran untuk membantu mengembangkan masyarakat yang inklusif secara digital dan finansial.
Sebagai contoh, Mastercard bekerja sama dengan YCAB Foundation, Infradigital Foundation, Per Scholas, Mercy Corps, dan Global Cyber Alliance dalam program Mastercard Academy 2.0, yang diluncurkan pada 2019. Hingga saat ini, program ini telah membekali lebih dari 280.000 anak muda Indonesia, profesional menengah, dan pelaku usaha kecil di 37 provinsi dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan di era ekonomi digital.
Sebagai bukti efektivitas dan kesuksesan program tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informasi telah mengadopsi kurikulum Mastercard Academy 2.0 untuk akademi Digital Talent Scholarship pada 2022. Inisiatif ini mendukung tujuan pemerintah untuk memastikan bahwa sembilan juta penduduk Indonesia telah melek digital pada 2030 dan sejalan dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk membawa 30 juta UMKM ke dalam ekosistem digital pada tahun 2024.
Baca juga: Ayoconnect dan Mastercard kolaborasi memodernisasi payment berbasis rekening bank dan open finance
Dia mengatakan, dana yang terkumpul akan digunakan untuk menyediakan perlengkapan sekolah bagi lebih dari 2.400 siswa dari 10 sekolah dasar di Banten, Indonesia. Perlengkapan sekolah tersebut akan didistribusikan melalui platform penggalangan dana, BenihBaik.com.
Selama kampanye berlangsung, lebih dari 70.000 pengguna Grab mengaktifkan voucher donasi untuk berpartisipasi, dan hampir seperempat juta transaksi tercatat dari 8 Juli hingga 24 Agustus 2023. Mastercard kemudian mendonasikan Rp5.000 untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu debit atau kredit Mastercard oleh para pengguna Grab di aplikasi Grab.
Dengan menyalurkan donasi di Banten, Mastercard berharap dapat berkontribusi dalam mengatasi sejumlah tantangan dalam sektor pendidikan di wilayah ini. Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, hampir 1.400 siswa di Banten putus sekolah di tingkat sekolah dasar pada tahun ajaran 2022/2023.
Selain itu, durasi rata-rata bersekolah di Banten hanya 9,13 tahun pada 2022, hal ini mendorong Pemerintah Indonesia menjadikan pendidikan formal sebagai prioritas utama. Komitmen Pemerintah ini semakin dipertegas dengan alokasi dana sebesar Rp612 triliun untuk pendidikan pada 2023.
Baca juga: Bank Commonwealth gandeng Mastercard gelar MicroMentor Indonesia
Selama lebih dari dua dekade, Indonesia telah membuat langkah signifikan dalam bidang pendidikan. Hal ini mencakup semakin banyaknya gedung sekolah, akses yang lebih baik terhadap pendidikan, peningkatan sarana dan prasarana termasuk dukungan multimedia, beasiswa melalui program-program seperti Indonesia Pintar, dan sejumlah inisiatif untuk pembelajaran mandiri atau merdeka belajar.
Sejalan dengan tujuan pemerintah dan dengan maksud memberikan dampak positif bagi masyarakat, Mastercard, bersama dengan Grab dan BenihBaik.com, menyediakan perlengkapan sekolah untuk mendukung anak-anak yang kurang mampu di Banten dalam perjalanan pendidikan mereka, memastikan mereka memiliki peralatan dan sumber daya yang diperlukan untuk berkembang secara akademis dan mengejar masa depan yang lebih cerah.
Roy Nugroho, Director of Grab For Business, Grab Indonesia, mengatakan Grab sangat senang dapat bermitra dengan Mastercard dan BenihBaik.com dalam menyelenggarakan ‘Mastercard untuk Anak Negeri’.
“Inisiatif ini selaras dengan prinsip GrabForGood yang mana kami berkontribusi dalam memberdayakan lebih banyak masyarakat Indonesia dan memberikan dampak positif melalui teknologi,” ujarnya.
Baca juga: Mastercard berkomitmen dukung pertumbuhan transaksi nontunai di Indonesia
Sebagai platform crowdfunding & CSR management dengan fokus cakupan isu yang cukup luas, termasuk pendidikan, BenihBaik.com mengaku bangga dapat menjadi bagian dari inisiatif Mastercard bersama Grab melalui Program Bantuan Perlengkapan Sekolah.
“Kami percaya program ini memberikan harapan, kenyamanan, dan fasilitas bagi generasi muda untuk mewujudkan cita-cita mereka, sehingga kemudian pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia,” ujar Andy F. Noya, CEO & Founder BenihBaik.com. ■