digitalbank – Bank DKI kembali meraih penghargaan bergengsi dalam bidang Public Relations (PR) sebagai Top Digital PR Special Achievement for BUMD pada acara 3rd Indonesia Top Digital PR Award 2023. Pemberiaan penghargaan ini atas inisiasi media Infoekonomi.ID dan perusahaan riset dan konsultan digital Tras N Co.
Terlebih di era digital, Bank DKI dituntut untuk turut adaptif terhadap tren komunikasi Bank DKI berhasil mencatatkan skor tertinggi (97,41) dalam kategori BUMD, yang menjadikan prestasi ini semakin membanggakan.
Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengungkapkan rasa syukur atas apresiasi yang diberikan. Menurutnya, pencapaian atas kinerja positif yang ditorehkan Bank DKI tidak serta merta menjadikan citra positif perusahaan di ruang publik menjadi semakin mentereng, melainkan dibalik itu terdapat upaya kehumasan yang menjadi ujung tombak dalam membangun persepsi.
Bank DKI Raih Infobank Top BUMD 2023
Dia menyampaikan, proses komunikasi yang terbuka, konstruktsif dan proporsional dalam menyampaikan informasi yang tepat mengenai langkah demi langkah pencapaian bisnis, turut memegang peran strategis dalam menunjang citra positif Perseroan.
“Terlebih di era digital, Bank DKI dituntut untuk turut adaptif terhadap tren komunikasi yang mengalami perubahan signifikan dengan munculnya berbagai teknologi dan platform komunikasi baru,” ujar Fidri, Selasa (6/6).
Fidri menjelaskan, tren digital public relation memberikan peluang tidak terbatas untuk berinteraksi secara langsung maupun real time. Dikatakannya, Bank DKI berkomitmen mendukung transformasi digital dan inovasi di semua lini.
“Termasuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar dapat bertransaksi dengan mudah, aman, nyaman, kapan dan di mana saja dengan pilihan aplikasi digital yang dimiliki Bank DKI, di antaranya JakOne Mobile dan JakOne Pay,” ucap Fidri.
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mengatakan, Bank DKI mengoptimalkan sinergi dan kolaborasi dengan media massa untuk memperkenalkan produk dan layanan serta berbagai aksi korporasi yang dijalankan Bank DKI kepada masyarakat luas.
Selain itu, Bank DKI juga menggunakan beberapa platform media digital seperti media sosial maupun media massa online sebagai sarana publikasi yang dijalankan.
Arie menambahkan, digitalisasi di berbagai bidang juga terus digalakkan seiring implementasi transformasi perseroan dengan menghadirkan solusi perbankan digital yang andal seperti, super apps JakOne Mobile, simple apps JakOne Pay maupun JakOne Abank, serta aplikasi pengajuan kredit dan pembiayaan secara online melalui e-form KMG dan pengembangan aplikasi digital landing.
“Dalam hal pelayanan transaksi non-tunai menggunakan kartu Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard yang berfungsi sebagai kartu uang elektronik di berbagai moda transportasi DKI Jakarta, tiket masuk sejumlah museum hingga transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI,” tandas Arie.
Untuk diketahui, penghargaan 3rd Indonesia Top Digital PR Award 2023 merupakan bentuk apresiasi oleh Infoekonomi.ID dan Tras N Co kepada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak perusahaan, serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dinilai berhasil mengelola dan memanfaatkan Digital PR dalam berkomunikasi, serta menjalin engagement dengan konsumen dan masyarakat untuk menciptakan persepsi positif terhadap produk dan perusahaan.
Beberapa kriteria penilaian yang digunakan diantaranya meliputi berbagai parameter digital yaitu Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect dan Digital Awareness Aspect. ■