digitalbank.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memperkuat komitmen membawa UMKM Indonesia go global melalui UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022 yang berlangsung pada 1-31 Desember 2022.
Acara ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT BRI ke-127 dan puncaknya UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022 akan diselenggarakan secara offline pada 14-18 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).
Dirut BRI Sunarso mengatakan, UMKM Expo(rt) BRILianpreneur merupakan inisiatif BRI untuk memperkenalkan keunikan UMKM dan produknya yang memiliki daya saing tinggi. Hal ini selaras dengan tema yang dibawa tahun ini, yakni Brings MSMEs Indonesia to the World.
UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional karena UMKM saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.
“Program UMKM Expo(rt) BRILianpreneur menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” ujar Sunarso.
Pada kegiatan ini BRI menghadirkan lebih dari 500 UMKM terpilih. Dalam pemilihan peserta UMKM tersebut juga mempertimbangkan aspek-aspek Environmental, Social, Governance (ESG). BRI sebagai role model penerapan prinsip-prinsip ESG juga mendorong pelaku UMKM untuk mampu tumbuh berkelanjutan.
Implementasi prinsip ESG dalam proses produksi meliputi kegiatan pemberdayaan perempuan, pengelolaan limbah, dan inklusivitas menjadi penilaian dalam memilih UMKM terpilih di ajang UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022.
Rangkaian pameran UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022 yang diselenggarakan secara tahunan ini meliputi Expo dan Virtual Expo, Bazaar Online, Business Matching, Ngobrol Bisnis, Ngobrol Pintar, Ketawa Bareng, Dari Lokal Jadi Kece, Serba Serbu, Yuk Berkreasi, Tiba-Tiba Shopping, Nusantarasa, Cerita Wastra, Music Performance, dan UMKM dan business matching awards. Seluruh rangkaian acara ini melibatkan UMKM peserta untuk memberikan kesempatan meningkatkan publikasi kepada masyarakat sehingga ber-impact pada peningkatan penjualan produk-produk mereka.
Pada UMKM Expo(rt) BRILianpreneur kali ini, BRI Kembali menghadirkan business matching antara pelaku UMKM binaan terpilih dengan buyer internasional. BRI bekerja sama dengan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Atase Perdagangan (Atdag) Kementerian Perdagangan, Kantor Dagangan dan Ekonomi Indonesia (KDEI) serta berkolaborasi dengan Overseas Network BRI dan Bank Representatif BRI yang berada di luar negeri.
Ditargetkan sebanyak 40 buyer internasional yang diundang dari 19 negara akan mengikuti rangkaian acara virtual business matching ini mulai dari tanggal 6-8 Desember 2022.
Kegiatan konferensi pers UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022 dihadiri oleh Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Direktur Bisnis Konsumer Handayani, Diana Nazir sebagai Kurator Brilianpreneur 2022 dan Ade Soelistyowati sebagai Owner CV. Gemilang Inovasi selaku perwakilan peserta UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022.
Terdapat 500 UMKM pilihan terpilih yang siap memperlihatkan keunikan, kualitas, dan kisah dibalik produk, bahan baku serta material ramah lingkungan, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses produksi yang beragam kepada audience nasional hingga buyer internasional dari 19 negara.
Ada beragam kategori produk UMKM yang ditampilkan, antara lain Home Decor & Craft, Fashion & Wastra, dan Healthcare atau Wellness melalui Indonesia’s Finest. Untuk diketahui, Indonesia’s Finest hadir secara khusus sebagai salah satu momen kebangkitan UMKM Indonesia pada UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022.
Sebelumnya, UMKM binaan BRI juga sempat unjuk gigi kepada delegasi KTT G-20 melalui mini showcase UMKM Expo(rt) BRILianpreneur pada 15-16 November 2022 di Apurva Kempinski Bali yang berkolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan UKM.
“Dengan adanya kerja sama yang dibentuk oleh BRI tersebut tentunya akan semakin membantu para UMKM yang akan go global untuk semakin mudah menembus pasar internasional,” kata Sunarso.
Selama acara UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022, nasabah BRI dapat menikmati berbagai promo menarik berupa diskon dan cashback 57% hingga Rp 227 ribu dari 1 hingga 31 Desember 2022.
Promo tersebut dapat diperoleh jika melakukan pembelian produk via e-commerce Tokopedia, Shopee, Blibli, dan PADI UMKM, serta melakukan pembayaran menggunakan Debit dan Kartu Kredit BRI. (HAN)